5 Pengeluaran yang Bisa Dialihkan untuk Tabungan


  • 5 Pengeluaran yang Bisa Dialihkan untuk Tabungan
    (Foto: Pixabay/Pexels)

    Membagi uang hasil kerja keras selama sebulan penuh untuk kebutuhan hidup sehari-hari, jajan, keadaan darurat, dan tabungan hari tua memang tidak mudah. Apalagi jika pendapatan tidak meningkat ketika harga barang terus melambung tinggi.

    Untuk bisa bertahan di zaman serba digital ini, jumlah uang yang supaya tetap eksis di media sosial pun tak sedikit. Seperti pergi ke kafe dan membeli pakaian serta aksesori lucu untuk menunjang foto selfie. Akibatnya, orang lebih memilih untuk menggunakan uangnya daripada ditabung.

    (Baca juga artikel: Tips Membuat Rencana Keuangan)



    Padahal menabung adalah hal penting yang harus dibiasakan sejak dini mungkin. Dengan memiliki tabungan, Anda tak perlu cemas jika tiba-tiba ada keadaan darurat yang membutuhkan dana besar. Bahkan jika tabungan mencukupi, Anda juga bisa memutuskan untuk pensiun dini.

    Berikut adalah lima jenis pengeluaran yang bisa dikurangi agar bisa mulai menabung lebih banyak tahun ini.

    Kopi

    Jika Anda termasuk orang yang harus minum kopi agar sanggup beraktivitas sehari-hari, cobalah untuk mengubah pola tidur. Dengan tidur cukup setidaknya delapan jam setiap malam, tubuh akan terasa lebih segar dan mampu melewati hari tanpa bantuan kafein.

    Pelindung ponsel

    Pelindung ponsel yang imut memang menjadi salah satu benda yang susah untuk tidak dibeli. Supaya tidak tergoda, utamakan perlindungan terlebih dahulu. Cukup beli satu yang mampu melindungi ponsel dalam jangka waktu lama. Alternatif lainnya adalah dengan membeli pelindung ponsel transparan sehingga Anda cukup mengganti kertas bergambar yang diletakkan di dalamnya jika sudah bosan.

    Salon

    Tidak perlu pergi ke salon jika tak benar-benar butuh. Jika hanya ingin melakukan manicure atau pedicure, lakukanlah di rumah saja. Supaya kegiatan lebih menyenangkan, undang teman-teman Anda untuk melakukannya bersama di rumah.

    Bensin

    Apabila hendak pergi ke tempat yang dekat, tak ada salahnya untuk berjalan kaki atau dengan kendaraan umum saja. Anda juga bisa menciptakan peraturan seperti tidak boleh pergi kemanapun jika sudah tak ada bensin, sehingga Anda pun tak perlu mengeluarkan uang untuk berbelanja atau makan di mall.

    Hobi

    Memiliki hobi boleh-boleh saja. Tetapi sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda dan jangan dipaksakan jika memang di luar kemampuan. Cari alternatif lain seperti barang yang lebih murah atau bahkan mencari hobi baru.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below