Ini Dampak Memberikan Silent Treatment Ke Pasangan


  • Ini Dampak Memberikan Silent Treatment Ke Pasangan
    (Foto: Trinity Kubassek/Pexels)

    Salah satu cara untuk menunjukkan amarah kepada pasangan ketika sedang bertengkar adalah dengan memberikan silent treatment atau perlakuan diam dan tidak menggubris apapun yang ia katakan.

    (Baca juga artikel: Trauma Yang Bisa Mempengaruhi Hubungan Anda Sekarang)

    Cara ini bisa menjadi metode ampuh jika Anda ingin menenangkan pikiran dan sendiri dulu. Tetapi, meskipun perlakuan diam tersebut adalah hal yang simpel, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi si dia serta hubungan Anda berdua.

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Professor Paul Schrodt, PhD dari Texas Christian University terhadap lebih dari 14.000 peserta, silent treatment bisa menurunkan kepuasan pasangan terhadap hubungan yang dijalankan, mengurangi rasa intim dan komunikasi yang sehat.

    Selain itu, Professor Kipling Williams dari Purdue University juga menemukan bahwa tindakan mendiamkan pasangan ini bisa mengaktifkan anterior cingulate cortex, yaitu bagian otak yang mendeteksi rasa sakit secara fisik.

    Jadi, sebaiknya bicarakan permasalahan yang sedang terjadi daripada hanya memberikan silent treatment saja. Selain tak menyelesaikan masalah, mendiamkan pasangan juga bisa membahayakan kesehatan mental mereka.