Trauma Yang Bisa Mempengaruhi Hubungan Anda Sekarang


  • Trauma Yang Bisa Mempengaruhi Hubungan Anda Sekarang
    (Foto: Kat Smith/Pexels)

    Disadari atau tidak, sebuah trauma yang terjadi di masa lalu bisa mempengaruhi kehidupan Anda sekarang, termasuk trauma yang terjadi ketika menjalin hubungan dengan mantan.

    Contoh trauma yang paling mudah adalah kekerasan fisik. Jika Anda pernah dipukul atau dilecehkan oleh mantan, hal ini bisa menyebabkan ketakutan jika disentuh oleh kekasih yang sekarang meskipun hanya sekadar bergandengan tangan. 

    Selain itu, trauma secara batin juga bisa dirasakan jika mantan suka membuat Anda merasa bersalah meskipun sebenarnya tidak melakukan kesalahan apapun. Akibatnya, konflik kecil yang terjadi bisa membuat Anda bereaksi berlebihan demi menghindari kejadian yang sama.

    Pernah diselingkuhi oleh mantan pun bisa menyebabkan trauma tersendiri. Ketika pacar baru tidak ada kabar dalam waktu beberapa jam saja, Anda akan cemas bahwa ia sedang berselingkuh dengan wanita lain. 

    Apabila mantan suka mengontrol dan Anda terpaksa melakukan hal-hal yang diinginkannya, pendapat yang dinyatakan oleh pasangan pun bisa dikira sebagai bentuk dominasi oleh Anda, padahal ia hanya menyuarakan opininya saja.