5 Perayaan Tahun Baru Paling Unik dari Berbagai Negara


  • 5 Perayaan Tahun Baru Paling Unik dari Berbagai Negara
    Perayaan tahun baru unik di berbagai negara (Foto: Dok. ViTalko/Pexels)

    Tak dapat dipungkiri, hampir semua orang menyukai perayaan malam tahun baru. Mulai dari saling mempersiapkan tampilan terbaiknya, berkumpul bersama keluarga dan teman, mengadakan pesta selebrasi yang meriah, hingga bersama-sama menunggu waktu pukul 00.00 lewat 1 detik.

    (Baca juga artikel: 8 Cara Menikmati Pesta Bagi 'Si Anti-Pesta')



    Ternyata tidak semua negara melakukan perayaan malam tahun baru yang serupa seperti yang kamu lakukan setiap tahunnya. Berikut beberapa perayaan tahun baru unik di negara lain yang perlu kamu ketahui.


    1. Estonia

    Tradisi perayaan tahun baru di negara Estonia cukup unik dan menarik. Setiap tanggal 31 Desember, warga Estonia akan menghabiskan makanan sebanyak 7, 9, atau 12 kali untuk menambah kekuatan di tahun baru. Namun setiap makanan tersebut harus diberikan sedikit sisa untuk roh leluhur yang berkunjung. 


    2. Spanyol

    Pada malam tahun baru tepat pada saat lonceng yang menandakan pergantian tahun berbunyi, warga Spanyol memiliki tradisi untuk memakan 12 buah anggur hijau hingga habis sebelum lonceng berhenti berbunyi.

    Buah anggur ini digunakan sebagai simbolis yang mewakili jumlah bulan di tahun baru. Apabila mereka berhasil menghabiskan 12 buah anggur hijau sebelum lonceng berhenti berbunyi, maka mereka akan memperoleh peruntungan di tahun baru.


    3. Rusia

    Salah satu tradisi unik yang dilakukan warga Rusia untuk merayakan malam tahun baru, yaitu menuliskan keinginan yang ingin dicapai di tahun baru pada selembar kertas.

    Kertas tersebut dibakar hingga menjadi abu, dan abu tersebut dimasukkan ke dalam gelas berisi anggur atau sampanye. Mereka akan meminum anggur atau sampanye tersebut sebelum tengah malam tahun baru berakhir. Tradisi ini dipercaya dapat mengabulkan semua keinginan yang sudah tertulis menjadi nyata di tahun baru.


    4. Ekuador

    Penjualan boneka custom di Ekuador akan meningkat menjelang malam tahun baru. Warga negara akan membuat boneka yang menggambarkan wajah seseorang yang mereka tidak suka pada tahun ini, dan membakarnya bersama-sama pada perapian besar di tengah malam tahun baru. Tradisi ini dilakukan sebagai simbolis menghilangkan hal-hal buruk yang telah berlangsung selama setahun.

    (Baca juga artikel: Mengenal Berbagai Perayaan Natal di Berbagai Negara)


    5. Chili

    Setiap keluarga di Chili akan merayakan malam tahun baru di kuburan anggota keluarga yang telah meninggal. Menurut mereka, malam tahun baru adalah kesempatan untuk merasa bersatu kembali dengan orang-orang yang telah tiada.


    (Teks: Elizabeth Michelle)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below