Review Film: 'Milly & Mamet' (Ini Bukan Cinta & Rangga)


  • Review Film: 'Milly & Mamet' (Ini Bukan Cinta & Rangga)
    Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga) menyuguhkan komedi yang segar dengan drama yang menyentuh dari dua sosok ikonis dari AADC. (Foto: Dok/Starvision)


    Akhirnya, Milly & Mamet punya kisahnya sendiri. Menjadi lepasan dari semesta Ada Apa dengan Cinta?, film 'Milly & Mamet' (Ini Bukan Cinta & Rangga) berhasil menghibur lewat adegan komedi kekinian, deretan dialog cerdas, dan drama yang menyentuh hati. 

    Masih dibintangi duo Sissy Prescillia dan Dennis Adhiswara, film ini melanjutkan kisah dari dua film AADC (2002, 2016), di mana dua peran ikonisnya, Milly dan Mamet bertemu kembali dalam reuni sekolah, jadian, menikah dan lalu punya anak. 



    Persoalan kehidupan keduanya tak berhenti sampai di situ, tapi dieksplorasi lebih jauh lewat drama keluarga yang dekat dengan keseharian. Sekaligus mengocok perut lewat hadirnya karakter baru dan juga barisan komika. 

    (Baca juga: Review Film: Aruna dan Lidahnya?)

    Film dibuka dengan reunian sekolah yang kembali memertemukan gank Cinta, yang terdiri dari Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Prescillia). Sosok Alya hadir lewat lamunan dan kerinduan Cinta. 


    (Mamet (Dennis Adhiswara). Foto: Dok/Starvision)


    Tak jauh dari situ, ada Mamet (Dennis Adhiswara). Dialog singkat di reunian ini menjadi titik awal penting yang menghantarkan cerita keseluruhan, yang dibumbui banyak barisan kalimat yang melempar ingatan pada film lawas AADC. 

    Lompat jauh ke beberapa tahun setelahnya, Milly dan Mamet telah menikah dan punya anak. Berhenti sebagai karyawan, Milly memutuskan menjadi ibu rumah tangga, sementara Mamet menerima kepercayaan ayah Milly menjadi kepala pabrik.

    Namun, semua tak berjalan mulus. Alexandra (Julie Estelle) teman lama Mamet datang menyodorkan tawaran untuk membuka bisnis restoran dengan Mamet sebagai chefnya. Impian lama keduanya bisa terwujud berkat investor dari James (Yoshi Sudarso) yang tak lain kekasih Alex. 

    Satu persatu konflik muncul seperti halnya masalah keluarga yang muncul dengan sendirinya, entah itu dari faktor mertua, pekerjaan, impian masa lampau, atau rasa cemburu satu sama lain. 


    (James dan Alexandra (Yoshi Sudarso dan Julie Estelle). Foto: Dok/Starvision)


    Meski dari segi alur tampak kompleks, Milly & Mamet mengalir ringan dan natural serta dibumbui banyak cerita lucu yang mengocok perut dari setiap pemerannya. 

    (Baca juga: Review Film: A Man Called Ahok) 

    Disutradarai Ernest Prakasa (Ngenest, Cek Toko Sebelah, dan Susah Sinyal), dengan skenario yang ia tulis bersama pasangannya Meira Anastasya, film 'Milly & Mamet' (Ini Bukan Cinta & Rangga) berhasil menyuguhkan komedi yang menghibur dan membuat tawa di hampir sepanjang film. 

    Ernest juga dengan cerdik mengikutsertakan dua karakter baru sebagai 'penyeimbang' lewat Julie Estelle dan Yoshi Sudarso. (Tak ada Cinta dan Rangga, maka ada Alexandra dan James gantinya). Ditambah lagi deretan aktris komedi, dan pemain komika yang menjadi bumbu cerita, dari mulai Dinda Kanyadewi, Ardit Erwandha, Aci Resti, Arafah Rianti, Tike Priatnakusumah, dan Bintang Emon. 

    Di luar itu, penampilan Isyara Sarasvati dan Melly Goeslaw juga membuat kejutan yang menyenangkan di sepanjang film. 

    Lemparan joke Milly yang berusaha 'tampil' menjadi bumbu komedi tersendiri. Seperti saat ia berupaya berpendapat soal makanan di antara Mamet dan Alexandra. "Terinya kurang teri, kayaknya teknik mancingnya salah." Adegan ini menjadi salah satu yang paling berkesan dan membuat tawa lepas sejadinya. 

    Dengan skenario yang matang, karakter kuat, para pemeran dan musik pelengkap yang pas, film Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga) menjadi salah satu komedi paling menghibur tahun ini. Mengutip slogan Milly, film ini 'Ju-wa'ra!'.

    Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga) tayang di bioskop Indonesia mulai Kamis 20 Desember 2018.