Gebrakan Sepakbola Wanita di AIA Championship for Women


  • Gebrakan Sepakbola Wanita di AIA Championship for Women
    AIA Championship for Women telah memilih 16 pemain terbaik untuk mewakili Indonesia berlaga di Kompetisi Regional di Thailand. (Foto: Dok/AIA)


    Mendukung pemberdayaan perempuan dalam sepakbola, perusahaan asuransi jiwa PT. AIA Financial (AIA) menggelar Kompetisi Nasional AIA Championship for Women. Berlangsung awal Desember lalu di Lapangan Sepak Bola TNI AU Pancoran, Jakarta, sebanyak 16 tim dari berbagai kota di Indonesia bertanding untuk memperebutkan gelar juara nasional.

    Dalam kompetisi nasional ini turut hadir International Development Coach Tottenham Hotspur, Anton Blackwood dan Shaun Harris. Kompetisi ini juga ditujukan untuk memilih 16 pemain terbaik yang akan dibentuk menjadi dua tim, dan mewakili Indonesia untuk bertanding di kompetisi regional di Bangkok, Thailand.



    Kompetisi yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini dimenangkan tim The Footballicious Women yang berhasil mengalahkan tim ID.Gen Uni Papua dengan skor 2 – 0. Di akhir kompetisi, AIA mengumumkan nama 16 pemain terbaik yang akan mengikuti kompetisi regional AIA Championship for Women.

    (Baca juga: Merencanakan Finansial Kreatif Bersama AIA Indonesia)

    Mereka yakni, Ria Ristiani (LFC Sukabumi), Inka Susilawati (LFC Sukabumi), Dhanielle Daphne (Jakarta 69A), Zahra Muzdalifah (Jakarta 69A), Carla (Jakarta 69B), Sopia (Inspire Indonesia), Lizetta Awani (Inspire Indonesia), Nindy (Putri Wijaya Kusuma Cilacap). 

    Lalu, ada Intan Nuraini Ulfah (ID. Gen Uni Papua), Nur Fajriah (ID. Gen Uni Papua), Dara Azzahra N. (IAIS Soreang), Rahma Wulan (The Footballicious Women), Retno Ayu (The Footballicious Women), Leni Yuliani (ID. Gen Uni Papua), Yolanda (The Footballicious Women), dan Rahma Fauzi (LFC Sukabumi).

    "16 pemain terbaik ini akan mewakili AIA Indonesia di kompetisi regional di Bangkok pada Maret 2019. Kami senang melihat antusiasme dari masyarakat, terutama para perempuan muda Indonesia terhadap kompetisi ini," ujar Kathryn Monika Parapak, Head of Brand and Communication, PT AIA Financial saat ditemui akhir pekan lalu di bilangan Jakarta Selatan.

    Ia menambahkan, seluruh pemain bermain luar biasa pada kompetisi, dan memberikan kemampuan terbaik mereka.

    "Kami bangga dapat menyelenggarakan kompetisi ini sebagai bagian dari komitmen untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik, serta mendukung pemberdayaan perempuan dalam sepak bola,” ujarnya menambahkan. 


    (AIA Championship for Women. Foto: Dok/AIA)


    Sementara itu, Anton Blackwood, International Development Coach, Tottenham Hotspur mengungkapkan dirinya terkesan dengan penampilan semua tim pada kompetisi.

    "Mereka mengerahkan seluruh kemampuan dan menunjukkan kualitas sepak bola perempuan di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi perhatian kami untuk setiap pemain, antara lain: kualitas teknik dan fisik, kecerdasan dalam bermain dan kemampuan untuk bekerja dalam tim,” ungkap Anton soal kriterianya dalam memilih 16 pemain terbaik.

    Ke-16 pemain terbaik tersebut akan dibentuk menjadi dua tim dan selanjutnya, akan mengikuti training camp di Jakarta sebagai pembekalan untuk bertanding di Bangkok. Jika tim AIA Indonesia keluar sebagai finalis di Bangkok, maka akan bertanding di markas Tottenham Hotspur di London untuk perebutan gelar juara.

    Dhanielle Daphne dan Zahra Muzdalifah (Jakarta 69A), dua dari 16 pemain terpilih mengaku excited untuk bisa bertanding nantinya di Bangkok. Meski mereka mengakui ini menjadi tantangan tersendiri mengingat pemain sepakbola wanita di beberapa negara seperti Australia bisa jadi lebih berpengalaman. 

    "Tapi, kami siap, kok," ujar Zahra meyakinkan.

    (Baca juga: David Beckham Kembali Hadir di Jakarta)

    Mengutip pernyataan resmi AIA, Muthia Datau, legenda sepak bola perempuan Indonesia mengatakan kompetisi ini menjadi satu dari makin banyaknya kesempatan untuk pesepakbola perempuan mengembangkan kemampuan mereka.

    "Kompetisi seperti AIA Championship for Women dibutuhkan untuk mengasah dan meningkatkan keahlian mereka serta melatih mental agar lebih kuat dan percaya diri saat bertanding di berbagai kompetisi. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, saya yakin persepakbolaan perempuan Indonesia akan semakin berkembang dan dapat mengharumkan nama bangsa,” ujarnya.

    Kompetisi nasional ini merupakan rangkaian dari kompetisi AIA Championship for Women yang diluncurkan pada Oktober 2018 sebagai salah satu bentuk dukungan AIA terhadap pemberdayaan perempuan dalam olahraga, terutama sepak bola.

    Melalui kompetisi ini, AIA semakin mempertegas dukungannya terhadap persepakbolaan di Indonesia dengan memperluas partisipasi bagi perempuan untuk menunjukkan bakat mereka dalam sepak bola.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below