Life & health

7 Cara Aman Saat Menggunakan Toilet Umum

By : Kiki Riama Priskila - 2018-12-07 15:37:00


Toilet umum memang bukan lokasi paling bersih untuk dikunjungi. Banyak orang bergantian dan kadang meninggalkan kuman. 

Beberapa orang kadang menyiasati untuk membawa tisu sendiri buat jaga-jaga kalau toilet umum yang digunakan tidak begitu bersih. 

Demi menghindari penyebaran kuman di toilet umum, ikuti 7 cara dalam menggunakan toilet umum berikut ini:

(Baca juga: Produk Kebersihan yang Wajib Ada dalam Tas Anda) 


1. Perhatikan bilik-bilik yang ada

Sesaat memasuki area toilet, lakukan observasi singkat untuk melihat bilik yang paling aman dan bersih untuk digunakan. Dudukan kloset harus kering dan bebas dari kotoran yang terlihat. Pastikan bilik tersebut memiliki jumlah tisu yang cukup.


(Toilet. Foto: Rawpixel/Pexels.com) 

2. Bilas dengan baik

Ada kemungkinan penyebaran kuman terjadi saat kamu membilas kloset. Biasakan untuk menutup kloset saat membilasnya karena kuman bisa “terbang” hingga 100 cm (dan kamu berada tepat di tengah). Gunakan tisu saat menekan tombol bilas serta saat ingin membuka pintu toilet. Ada kemungkinan gagang pintu di dalam bilik lebih kotor dibanding di bagian luar.

3. Cuci tangan

Membersihkan tangan adalah bagian terpenting saat menggunakan toilet umum. Ironisnya, wastafel kadang menjadi area paling kotor. Gunakan air hangat yang dapat membantu mendesinfeksikan tangan kamu. Cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir.


(Ilustrasi cuci tangan. Foto: Pixabay/Pexels.com)

4. Keringkan tangan dengan tepat

Jika toilet umum menyediakan tisu dan mesin pengering tangan, sebaiknya tetap pilih tisu untuk mengeringkan tangan. Kadang mesin pengering dapat “melempar” air yang ada di tangan ke arah wajah, membuat area wajah rentan terkena kuman. Namun jika mesin pengering adalah opsi satu-satunya, pastikan kamu menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol setelahnya.

5. Meninggalkan toilet dengan aman

Saat hendak pergi dari toilet, kamu tetap harus berhati-hati terhadap kuman. Ingat, meski kamu telah mencuci tangan, tidak semua orang melakukannya. Ada kemungkinan kuman mengumpul dan berkembang biak di gagang pintu toilet. Gunakan tisu untuk memegang gagang dan buang setelahnya.


(Ilustrasi tisu. Foto: Pixabay/Pexels.com)

6. Duduk, jangan jongkok

Kalau kamu merasa terganggu, cukup gunakan tisu sebagai alas duduk. Dengan berjongkok, kamu hanya akan membuat dudukan kloset jadi lebih kotor.

7. Lindungi barang pribadi

Hindari meletakkan ponsel dan tas di lantai atau rak yang tersedia. Hal ini berpotensi membuat barang kamu jadi alat penyebar kuman. Akan lebih baik jika kamu menggantung tas atau mengantongi ponsel.

Life & health