4 Langkah Mudah Dapatkan Tumit Indah


  • 4 Langkah Mudah Dapatkan Tumit Indah
    Tips dan langkah perawatan tumit agar tetap sehat, lembut, dan bebas dari pecah-pecah. (Foto: Dok. Buenosia Carol/Pexels.com)


    Jika kulit wajah dan tubuh sudah dimanjakan dengan berbagai perawatan, bagaimana dengan kondisi tumit yang selama ini bekerja ekstra?

    Mulai dari menopang berat badan saat berdiri, berjalan, dan berlari, hingga mengenakan aneka sepatu yang kurang menunjang untuk kenyamanannya, kulit di area tumit dapat menjadi tebal, kering, dan pecah-pecah.  



    Sebelum permasalahan ini timbul, lakukan perawatan intensif di rumah agar kamu senantiasa percaya diri ketika mengenakan alas kaki yang terbuka. Di antaranya seperti merendam kaki, menambahkan garam, eksfoliasi dan melembapkan kaki. 

    (Baca juga: Cara Mudah Memiliki Kaki Indah)

    1. Merendam Kaki

    Gunakan wadah berisi air hangat untuk merendam kaki selama dua menit. Kulit telapak kaki lebih tebal daripada bagian tubuh lainnya, tahap ini membantu untuk melembutkannya. Air hangat juga membawa manfaat lain bagi kaki, yaitu merelaksasi, meredakan rasa pegal, dan memudahkan eksfoliasi. Maksimalkan ritual ini dengan menambahkan minyak esensial peppermint untuk mendapatkan aroma segar sekaligus sebagai antibakteri. 



    Coba: Organic Supply Co. Peppermint Essential Oil


    2. Tambahkan Garam

    Garam, khususnya garam Epsom mengandung magnesium dan sulfur yang memberikan banyak manfaat untuk kaki, antara lain menyejukkan kulit kering dan membunuh bakteri atau jamur. Masukkan garam Epsom ke dalam wadah rendaman kaki dan lanjutkan proses berendam selama minimal lima menit. Semakin lama membiarkannya meresap, semakin mudah pula untuk menggosok kulit mati saat melakukan eksfoliasi. Perlu diingat, merendam kaki dengan garam Epsom maksimal dilakukan tiga kali seminggu untuk mencegah kulit menjadi kering. 


    3. Eksfoliasi

    Setelah direndam, lakukan tahap ini dengan scrub untuk meluruhkan sel kulit mati yang sudah mulai menebal. Anda bisa membuat homemade scrub dari campuran gula merah, jus lemon, madu, dan minyak zaitun. Gosok lembut ke tumit dengan gerakan memutar. Rangkaian foot scrub yang tersedia di pasaran juga bisa menjadi pilihan.

    Coba: The Body Shop Peppermint Foot Scrub


    4. Lembapkan Kaki

    Seringkali bagian tumit terlewatkan ketika mengaplikasikan lotion atau krim tubuh. Padahal area ini membutuhkan perhatian ekstra, lho. Setelah membilas scrub dan dikeringkan, Oleskan krim khusus untuk melembapkan tumit. Fungsi dari krim ini tak hanya melembapkan, namun juga menjaga kesejukannya agar terhindar dari bau tak sedap. Gunakan krim yang mengandung antiseptik untuk membersihkan serta meredakan kemerahan atau iritasi, terutama setelah melakukan eksfoliasi. Kamu bisa menambahkan kesegaran dengan menyemprotkan foot spray. Tips penting: Lakukan ritual perawatan tumit ini pada malam hari dan kenakan kaus kaki semalaman untuk mengunci kelembapan. 

    Coba: L'Occitane Shea Butter Foot Cream 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below