Women of the Year 2018: Tissa Aunilla


  • Women of the Year 2018: Tissa Aunilla
    Women of the Year 2018: Tissa Aunilla. (Foto: Dok/HerworldIndonesia)

    Tissa Aunilla, 40, Co-Founder Pipiltin Cocoa

    Apa yang dilakukan Tissa Aunilla lewat Pipiltin Cocoa jauh dari kata sederhana. Dampak yang diberikan pada para petani cokelat Indonesia ternyata cukup besar dan berhasil mengubah pandangan generasi muda tentang bekerja di kebun cokelat.

    “Salah satu yang membuat saya feel good dalam melakukan hal ini adalah anak-anak petani itu jadi punya kemauan untuk meneruskan pekerjaan orangtuanya. Profesi yang dulunya hampir mati dan dipandang sebelah mata, kini bisa bangkit lagi dan memberi keuntungan yang berarti,” ujar perempuan yang banting setir dari kariernya selama tujuh tahun sebagai corporate lawyer jadi penggerak bisnis cokelat premium bersama adiknya, Irvan Helmi.



    (Baca juga: 13 Sosok 'Women of the Year' 2018 Herworld Indonesia) 

    “Dengan menyelamatkan kebun cokelat, secara tidak langsung kita juga turut menyelamatkan keseimbangan alam karena artinya kebun itu tak akan dialihfungsikan untuk perkebunan lain yang tidak cocok dengan lingkungannya. Selain itu, cokelat kita itu nomor tiga terbaik di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Rasanya sangat enak. Jadi saya yakin pengembangan bisnis ini akan punya nilai positif untuk petani,” tambah perempuan yang membuka perkenalan di akun Instagram-nya dengan kalimat “Support local farmers for sustainable environment”.

    Kini ia sedang berusaha keras mengenalkan single origin lokal asal Aceh, Jawa Timur, Bali, dan Flores lewat Pipiltin Cocoa yang berdiri sejak tahun 2013. Label ini pun akhirnya mulai merambah ke Jepang, Singapura, Eropa, Australia dan Amerika. 

    (Teks: Rengganis Parahita, Foto: Hadi Cahyono) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below