Women of the Year 2018: Maggha Karaneya Kang


  • Women of the Year 2018: Maggha Karaneya Kang
    Women of the Year 2018: Maggha Karaneya Kang. (Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Maggha Karaneya Kang, 19, Founder Yayasan Metta Mama Maggha

    Berawal dari keprihatinan terhadap kurang baiknya fasilitas di sejumlah tempat penampungan bayi-bayi terlantar, dara asal Bali (19) ini terketuk hatinya untuk membuka Yayasan Metta Mama Maggha saat usianya masih 15 tahun.



    “Waktu saya sampaikan keinginan ini pada keluarga, sempat ada keraguan karena pada saat itu usia saya masih 14 tahun. Butuh komitmen seumur hidup untuk bisa menjalaninya. Namun karena saya membicarakan hal ini setiap hari, Mama akhirnya membaca keseriusan tersebut. Sejak itu saya berhenti sekolah dan homeschooling demi fokus menjalankan yayasan,” ujar gadis yang juga piawai menari Bali ini.

    (Baca juga: 13 Sosok 'Women of the Year' 2018 Herworld Indonesia) 

    Resmi berdiri pada tahun 2015, yayasan ini telah berhasil menyelamatkan 42 bayi. Sekitar 11 bayi sudah dikembalikan pada orangtuanya, 16 telah diadopsi, dan 15 masih tinggal di yayasan. Kesehatan mereka pun terjamin karena ada 12 bidan yang standby 24 jam/tiga kali shift satu hari.

    “Meski bayi-bayi tersebut dibuang dan diterlantarkan, mereka harus tahu bahwa mereka dicintai meski bukan oleh orangtuanya sendiri. Selain itu, mereka juga harus tumbuh di lingkungan yang mendukung proses perkembangan jiwa raganya supaya tidak ada trauma tertentu untuk hidupnya di masa yang akan datang,” tambahnya.

    Yayasan ini pun mulai dipercaya masyarakat dan dinas sosial sebagai salah satu tempat terbaik yang mampu jadi pelindung bayi-bayi terbengkalai dan teraniaya di wilayah Bali dan sekitarnya. 

    (Teks: Rengganis Parahita, Foto: Hadi Cahyono) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below