Women of the Year 2018: Stevia Angesty


  • Women of the Year 2018: Stevia Angesty
    Women of the Year 2018: Stevia Angesty. (Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Stevia Angesty, 30, Co-Founder Feelwell Ceramics

    Ketika bekerja di sebuah perusahaan konsultasi ternama, Stevia memiliki kesempatan untuk mengunjungi tujuh provinsi di Indonesia. Saat itulah dirinya menyadari bahwa banyak bayi yang meninggal akibat diare.



    Setelah dipelajari lebih lanjut, ternyata salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengadaan toilet bersih. Dengan keinginan untuk memberi akses toilet berharga murah di daerah-daerah tersebut, ia akhirnya membangun Feelwell Ceramics, perusahaan sanitasi yang menyediakan produk kloset jongkok dan wastafel.

    “Saat baru mulai berjualan, awalnya kami fokus di Jawa Barat saja karena daerah tersebut merupakan salah satu area yang kondisi kesehatannya paling mengkhawatirkan di Indonesia, dan dari sana ternyata bisa berkembang cukup cepat,” ujarnya.

    (Baca juga: 13 Sosok 'Women of the Year' 2018 Herworld Indonesia)

    Sejak Juni 2018, perusahaan dengan slogan “Toilet untuk Semua” tersebut telah berhasil mendistribusikan toilet untuk satu juta penduduk Indonesia.

    Meski sempat kesulitan membangun tim yang mau terjun langsung ke pedesaan, Stevia kini mempunyai representatif di setiap daerah di Indonesia. Perempuan lulusan S2 dari Stanford University dengan jurusan Materials Science and Engineering itu pun berharap agar nantinya lebih dari 70 juta penduduk Indonesia yang awalnya tidak punya akses ke toilet bisa memilikinya dan semakin banyak anak muda yang mau berkontribusi di bidang sanitasi.

    (Teks: Yolanda Deayu, Foto: Insan Obi) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below