Life & health

Women of the Year 2018: Azalea, Melia, dan Hanna

By : Rahman Indra - 2018-11-17 10:21:00 Women of the Year 2018: Azalea, Melia, dan Hanna


Azalea Ayuningtyas, 28, Melia Winata, 27 & Hanna Keraf, 29, Founder Du’Anyam

Mengenyam kuliah di tiga negara yang berbeda tak membuat ketiga sahabat yang telah berteman sejak SMA ini kehilangan chemistry. Dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan mereka masing-masing yaitu pemasaran (Melia), kesehatan masyarakat (Azalea), dan pengembangan UKM (Hanna), terbentuklah Du’Anyam pada tahun 2014 sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

“Dulu kami memang terpisah jarak dan waktu. Saya di Jepang, Melia di Australia, dan Ayu di Amerika. Namun, karena kami selalu bertemu saat liburan dan sering ngobrol via online, maka ide kami pun bisa terlaksana,” ujar Hanna.

(Baca juga: 13 Sosok Terpilih Women of the Year 2018) 

Dari ide sederhana jadi sebuah ruang pengangkut visi misi mulia, Du’Anyam hadir untuk memberi kesempatan pada ibu-ibu di seluruh pelosok Indonesia untuk membantu dirinya sendiri keluar dari kesulitan ekonomi melalui produk anyaman, terutama yang berhubungan dengan pemenuhan nutrisi ibu hamil dan anak-anak.

Kini dengan jumlah penganyam hampir 500 orang yang tersebar pada 22 desa di Flores, Papua, dan Kalimantan, Du’Anyam sudah mampu menggelar pameran di Jepang, Korea, Singapura, Italia, Australia, dan Singapura ditambah Denmark dan Amerika yang mulai membuka pintu untuk menerima ekspor produk yang terbuat dari daun lontar, kulit kayu, dan kulit rotan ini.

“Harapan terbesar kami adalah tiga pilar utama yang kami usung bisa terwujud secara bersamaan, yaitu pemberdayaan perempuan, peningkatan kesehatan, dan promosi budaya. Dengan begitu, kami bisa katakan kalau mimpi kami tidak sia-sia,” ungkap Melia.

(Teks: Rengganis Parahita, Foto: Rakhmat Hidayat) 

Life & health