Memahami Tubuh Lebih Dekat lewat Pameran 'Bicara Tubuh'


  • Memahami Tubuh Lebih Dekat lewat Pameran 'Bicara Tubuh'
    Memahami tubuh lebih dekat lewat buku dan pameran 'Bicara Tubuh'. (Foto: Dok/ArtotelThamrin)


    Dengan kesibukan yang tiada habisnya, seseorang kerap mengabaikan akan kesehatan dan 'suara' tubuh yang lelah atau kelelahan. Meski kadang mendapat sinyal akan butuh rehat, kadang terabaikan. 

    Ungkapan itu disampaikan Ucita Pohan yang untuk kali pertamanya menulis buku soal tubuh yang ia beri judul 'Bicara Tubuh'. Ia tak sendiri, tapi berkolaborasi dengan fotografer Jozz Felix untuk mengusung pameran bertajuk sama yang menjadi pengingat untuk lebih mendengarkan 'suara tubuh'. 



    Ucita menuliskan suara hati dan pemikirannya, sementara Jozz mengabadikannya lewat potret hitam-putih yang bercerita dalam diam. Proyek kolaborasi ini diluncurkan di Artotel Thamrin Jakarta, pada Selasa (13/11). Pamerannya sendiri akan berlangsung hingga 26 November 2018, di Artspace, lantai Mezzanine, Artotel Thamrin Jakarta. 

    (Baca juga: Warna Indonesia di Pameran Desain Interior Maison 12) 

    "Aku menimbang, jika ini hanya soal warna mungkin tidak jadi masalah." 

    Tulisan itu berada tak jauh dari potret 'mata'. Sementara di sudut lainnya, ada potret tangan, jari, pundak, kaki dan lainnya. Yang unik dari pameran ini adalah keberadaan potret dan ungkapan akan bagian tubuh yang bergaya puitis dari Ucita. 

    “Disadari atau tidak, tubuh selama ini menjadi bagian dari diri dan perjalanan hidup setiap manusia. “Bicara Tubuh” bukan sekedar pameran seni ataupun sebuah buku berisi tulisan dan foto mengenai bagian tubuh manusia. Namun, mengajak penikmat karya untuk lebih mengapresiasi tubuh. Tidak hanya sekedar hidup di dalamnya tetapi juga ‘berkawan’ dengannya,” ujarnya dalam peluncuran pameran di Artotel Thamrin Jakarta, Selasa (13/11). 


    (Pameran 'Bicara Tubuh'. Foto: Dok/ArtotelThamrinJakarta)


    Sementara itu, Jozz Felix sebagai fotografer professional, mengabadikan bagian-bagian tubuh perempuan dari sisi yang istimewa. Eksplorasi “low key photography” merupakan salah satu kekuatannya dan karya yang ditampilkan memilikijiwa dari gambar-gambar yang diambil. Dalam pameran ini, Jozz Felix memamerkan karyanya sebanyak 15 foto dan karya mural berisi tulisan kutipan dari buku “Bicara Tubuh”.

    Foto-foto karya Jozz yang terdapat dalam pameran dan buku memiliki makna dan pesan tersendiri. Menghadirkan perempuan-perempuan dengan karakter fisik yang berbeda. Menceritakan keberagaman bentuk bagian tubuh.

    Beberapa nama yang terlibat di antaranya adalah Shareefa Daanish, Shafira Umm, Aditira, Andra Alodita, Nadya Putriani dan Jajang C Noer. Buku Bicara Tubuh sendiri diterbitkan dan distribusikan oleh Gramedia Pustaka Utama dan sudah dapat dipesan lebih awal melalui www.bukabuku.com di hari peluncurannya.

    (Baca juga: Melihat dengan Sudut Berbeda di Pameran Warna-warna)

    Melengkapi pameran seni ini, Artotel Thamrin Jakarta juga mengadakan Artotel Tribe Project dengan workshop menulis dan fotografi berlokasi di Artspace, bersama kedua seniman selama November. 

    Dicky Panjaitan, Operation Manager Artotel Thamrin Jakarta menambahkan, "Melalui pameran “Bicara Tubuh”, kami ingin menunjukkan bahwa seni tidak harus sebuah karya lukisan ataupun *sclupture*, namun seorang penulis dan fotografer juga dapat berkarya dan melakukan pameran"

    Arotel Thamrin Jakarta, kata dia, tak hanya menjadi tempat menginap, tetapi juga sebagai tempat berkumpul para seniman dalam mengeskplorasi karya seni.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below