Mengulik 'Grisse', Serial Drama Indonesia di HBO Asia


  • Mengulik 'Grisse', Serial Drama Indonesia di HBO Asia
    'Grisse', Serial Drama Sejarah Indonesia di HBO Asia. (Foto: Dok/HBOAsia)


    Diangkat dari kisah perlawanan masyarakat Gresik melawan penjajahan Belanda abad ke-19, Grisse menyuguhkan kisah yang dramatis menegangkan. 

    Dibintangi aktor Indonesia dan juga asing, serial drama sejarah delapan episode ini tayang di HBO Asia Original di bawah arahan Mike Wiluan (sutradara Buffalo Boys). Ia bekerjasama dengan dua sutradara lainnya Tony Tilse dan Ler Jiyuan.



    Dalam serial ini, Adinia Wirasti bertindak sebagai pemeran utama bernama Kalia, putri perempuan pejuang yang berani melawan penjajah. Satu insiden berdarah yang menewaskan ibu dan adiknya membawa Kalia dalam perjalanan panjang untuk tetap bertahan hidup dan sekaligus berjuang. 

    (Baca juga: Sandra Oh, Wanita Asia Nomine Aktris Terbaik Emmy 2018)

    Dalam perilisan pertamanya di Ritz-Carlton Hotel Jakarta, beberapa waktu lalu, Mike Wiluan, Adinia Wirasti serta dua pemeran lainnya, Marthino Lio dan Alexandra Gottardo berbagi cerita di balik pengambilan gambar. 

    "Serial ini beranjak dari kisah perlawanan di Gresik, yang menarik dengan tokoh-tokoh pejuangnya," ujar Mike menjelaskan.  


    (Marthino Lio, Alexandra Gottardo, Mike Wiluan dan Adinia Wirasti. Foto: Dok/HBOAsia)


    "Ada banyak latihan untuk serial ini, tak hanya mendalami peran, tapi juga latihan fight dan menembak, dan itu kadang seperti sedang berada dalam satu game, seru," ujar Adinia memberi gambaran. 

    Hal senada diamini Lio yang menggambarkan bahwa yang sulit bisa jadi saat memegang senjata yang tak ringan, tapi mesti tetap menjaga ekspresi wajah. Beruntung, kata dia, ia dan Adinia sebelumnya sudah punya pengalaman main film bersama di Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta. 

    Sementara Alexandra mengatakan dirinya merasa tertantang ketika harus beradu akting dengan Zack Lee, yang menjadi kekasihnya di film ini. Ia juga dituntut bisa menggunakan senjata. 

    Serial drama sejarah

    Merupakan serial delapan episode berdurasi satu jam, Grisse mengambil setting pertengahan 1800an pada masa kolonial Hindia Belanda. Serial berbahasa Inggris ini menceritakan kisah sekelompok masyarakat yang memimpin pemberontakan melawan gubernur yang bengis dan dalam waktu singkat mengambil alih kendali di markas tentara Belanda bernama Grisse. 

    Kisahnya berkisar pada sejumlah karakter unik, masing-masing dengan latar belakang dan keyakinan berbeda, yang bersatu mengalahkan penjajah dan mengubah nasib mereka. 


    (Potongan adegan Grisse. Foto: Dok/HBOAsia)


    Adinia Wirasti berperan sebagai Kalia, yang dipilih penduduk desa untuk memimpin perlawanan terhadap Belanda; Marthino Lio sebagai Maran, pejuang kemerdekaan yang bergabung dalam revolusi; dan Alexandra Gottardo sebagai Harsha, tangan kanan dari pemilik bar yang manipulatif di Grisse.

    Pemeran lainnya antara lain Michael Wahr sebagai Moresby, perwakilan perusahaan Hindia Belanda; Toshiji Takeshima sebagai Ryuichi, samurai dan pembunuh terlatih yang disewa Belanda; Joanne Kam sebagai Chi, pemilik bar dan rumah bordil yang berjuang untuk Grisse; Zack Lee sebagai Jambu, pemilik sarang opium satu-satunya di Grisse yang juga orang politik dan manipulatif. 

    Selain mereka, ada juga Edward Akbar sebagai Sultan Adnan, Pangeran yang dipekerjakan oleh Belanda sebagai boneka mereka; Jamie Aditya sebagai Kurt, tentara sewaan yang bertugas menyelamatkan Gubernur; Ully Triani sebagai Lena, pengikut dan tangan kanan Sultan Adnan; dan Rick Paul Van Mulligen sebagai Daan, Gubernur Grisse yang menjadi tawanan dan dipenjara setelah revolusi.

    Grisse tayang perdana Minggu, 4 November pukul 20:00 WIB eksklusif di HBO. Episode selanjutnya tayang pada jam yang sama setiap Minggu. Serial ini juga dapat diakses streaming di HBO GO dan akan tersedia di HBO On Demand.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below