Inspirasi 6 Kota, 6 Desainer di Jakarta Fashion Week


  • Inspirasi 6 Kota, 6 Desainer di Jakarta Fashion Week
    Barli Asmara Bawa 'Paris ke Jakarta Fashion Week 2019. (Foto: Dok/jakartafashionweek.co.id)


    Enam desainer mengambil inspirasi dari enam kota besar dalam koleksi busana terbarunya. New York berbeda dengan Paris. Begitu juga Dubai dengan Jakarta, atau Tokyo dengan Seoul. Masing-masing punya ciri gaya busana yang unik yang bisa jadi dieksplorasi lebih jauh. 

    Inilah yang hadir dalam peragaan busana yang diusung Wardah dalam panggung 'The Unstoppable You', di hari pertama pekan mode Jakarta Fashion Week (JFW) ke-11 yang berlangsung di Senayan City, Jakarta, Sabtu (20/10).



    Keenam desainer itu yakni, Dian Pelangi untuk New York, Zaskia dan Shireen Sungkar (Zashi) untuk Dubai, Ria Miranda untuk Seoul, Restu Anggraini (Etu) untuk Tokyo, Norma Hauri untuk Jakarta, dan Barli Asmara untuk Paris. Seperti apa koleksinya?

    (Baca juga: 12 Finalis Wardah Fashion Award 2017 Menuju JFW 2018) 


    New York

    Dian Pelangi menampilkan New York lewat koleksi busana modest yang sporty. Penulisan label namanya di bagian scarf yang bold membuat koleksi ini mau tak mau mencuri perhatian. Yang menarik justru penggunaan belt dan padupadan tabrak warnanya yang playful. 


    (Koleksi Dian Pelangi di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)

    Seoul

    Sementara, Ria Miranda menampilkan nuansa Seoul dengan perpaduan budaya yang menarik. Salah satunya, atasan bermotif yang dipadupadan dengan rok jaring, di mana terdapat belt yang ujungnya rumbai khas Korea. 


    (Koleksi Ria Miranda di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)

    Tokyo

    Restu Anggraini lewat labelnya, Etu menghadirkan Jepang lewat lipatan pita besar di bagian belakang busana. Detail yang kaya lewat bunga-bunga dan atau hiasan di bagian depan atau belakang busana menjadi ciri khas busana Etu. 

    (Koleksi Etu di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)

    Dubai 

    Berikutnya, duet Zaskia dan Shireen Sungkar, lewat labelnya Zashi, menghadirkan nuansa Dubai lewat potongan busana yang simple, dan warna-warna tanah yang tenang. 


    (Koleksi Zashi di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)

    Jakarta

    Sementara, Norma Hauri menghadirkan Jakarta yang bergerak cepat lewat koleksi busana ragam warna yang variatif. Simple, polos tapi mencolok. 


    (Koleksi Norma Hauri di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)

    Paris

    Menutup rangkaian peragaan, Barli Asmara membawa nuansa 'Paris' lewat koleksinya yang penuh dengan motif bunga dan renda. Dalam gelaran kali ini, Barli tak hanya menampilkan sisi feminin dan elegan Paris tapi juga lengkap dengan topi bundar dari rotan yang kini trend di peragaan busana di pusat kota mode tersebut. Total, Barli menampilkan 24 look, yang disebutkan terinspirasi dari sisi romantisme Paris, khususnya era Renaissance abad ke-17. 

    Untuk koleksinya ini, ia menggunakan warna soft dan klasik seperti rose gold, kuning merah dan hijau muda dengan material lace, chiffon, katun, crepe, organdi dan rajut brokat. Sementara, untuk pola detail ia menyuguhkan polkadot, stripes, dan plaid. Sebagai aksesori, topi lebar berukuran besar tak pelak mencuri perhatian berkat tampilannya yang mencolok. Sebagai penutup, Raline Shah hadir di penghujung peraga untuk koleksi terbaru Barli kali ini, dengan mengenakan dress putih ruffle dan layering. 


    (Koleksi Barli Asmara di JFW 2019. Foto: Dok/JFW)


    Setiap koleksi busana bisa jadi mewaklii atau terinspirasi dari setiap kota besar, tapi para desainer tak serta merta menghadirkannya utuh. Ada yang hanya mengambil ide secuil lalu mengeksplorasinya lebih kekiniaan, ada juga yang hanya menempatkannya sebagai detail pelengkap saja. 

    Secara keseluruhan, tetap pilihan ada pada tiap individu. Yang menyukai sporty look bisa jadi menyukai 1-2 rancangan Dian Pelangi. Sementara yang ingin tampil feminin sekaligus elegan, bisa jadi Paris dari Barli Asmara bisa memuaskan. 

    Pekan mode Jakarta Fashion Week 2019 berlangsung dari 20 hingga 26 Oktober 2018 mendatang. Disebutkan ada skeitar 180-an desainer yang turut serta dalam peragaan ke-11 tahun ini.