3 Jenis Diet yang Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes


  • 3 Jenis Diet yang Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes
    (Foto: Pixabay/Pexels)

    Berbagai cara dapat dilakukan oleh seorang wanita demi menurunkan berat badannya. Mulai dari berolah raga hingga melakukan diet yang sedang populer. Meskipun sejumlah diet ampuh menurunkan berat badan, ternyata tak semuanya memiliki efek yang baik jika tidak berhati-hati melakukannya.

    (Baca juga artikel: 5 Makanan Paling Tidak Sehat Untuk Jantung)

    Berikut adalah tiga jenis diet kekinian yang mampu meningkatkan risiko terkena diabetes.



    Diet Keto

    Diet keto atau ketogenis dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat. Sementara itu, jenis makanan yang diperbolehkan bagi mereka yang sedang menjalankan diet keto memiliki tingkat lemah jenuh yang tinggi dan mampu meningkatkan tingkat trigliserida. Ketahanan insulin pun akan terpengaruhi sehingga menjadi lebih rentan dengan diabetes.

    Diet Tanpa Gluten

    Orang yang menjalankan diet tanpa gluten lebih mungkin untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan yang tidak memiliki serat. Apabila seseorang tidak mengonsumsi cukup serat, maka muatan glycemic akan meningkat dan berakibat pada peningkatan kadar gula darah juga.

    Diet Paleo

    Meskipun diet paleo terbilang sehat karena tidak mengonsumsi makanan olahan, namun jenis diet ini juga tidak memiliki cukup serat dan nutrisi penting lainnya. Diet paleo juga tinggi akan protein dari hewan, sehingga meningkatkan konsumsi lemak jenuh. Tingkat trigliserida akan naik dan menjadi lebih rentan terserang diabetes.