32 Kuliner Makassar ini Bakal Bikin Ketagihan (Part 1)


  • 32 Kuliner Makassar ini Bakal Bikin Ketagihan (Part 1)
    Dolly MJ/Shutterstock/Clickphotos


    Memutuskan untuk berlibur ke Makassar? Maka daftar makanan ini wajib masuk dalam must try Anda kala menghabiskan waktu di Sulawesi Selatan. 


    Yeap, selain bikin ketagihan, percaya pada Herworld, semua makanan ini jauh lebih nikmat ketika dimakan di daerah asalnya!





    1. Coto Makassar (Coto Mangkasara)

    Meski rumah makan penyedia Coto Makassar telah mudah ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia, namun menyantapnya langsung di kedai-kedai coto kota Ujung Pandang akan meninggalkan sensasi yang berbeda.


    Lebih orisinil dan cita rasanya luar biasa nikmat



    2. Buras/Burasa

    Berbentuk mirip lontong namun lebih gepeng dan lembek, buras dimakan layaknya ketupat. Bisa dicampurkan ke dalam coto, bakso, atau makanan apapun yang berkuah gurih.


    Selain itu, ia juga bisa dinikmati dengan sambal kacang dan telur rebus.



    3. Pallu Butung

    Terbuat dari tepung beras yang dicampur santan, gula pasir, daun pandan, vanili, dan garam, makanan manis ini bisa dinikmati hangat atau dingin dengan setumpuk es serut dan juga potongan pisang raja. Selain enak untuk hidangan penutup, pallu butung juga sering dijadikan alternatif sebagai menu buka puasa.


    Tambahkan sirup merah sesuai selera untuk rasa yang lebih manis dan tampilan yang lebih cantik.



    4. Es Pisang Ijo

    Pada dasarnya, Es Pisang Ijo memiliki konsep serupa dengan Pallu Butung.


    Terbuat dari tepung beras yang memiliki tekstur dan rasa yang sama, perbedaan yang dimiliki Pisang Ijo hanyalah pisang yang digunakan terbalut dengan tepung berwarna hijau dan ditenggelamkan di dalam tepung beras dan es serut yang dicampur sirup serta susu kental manis.


    Sama enaknya, sama adiktifnya. Bananalicious!



    5. Nyuknyang 

    Kalau Anda suka bakso atau bakwan Malang, pasti Anda akan suka nyuknyang!


    Makanan berjenis bakso-baksoan ini selain menyediakan bakso rebus juga menyediakan bakso goreng yang lezat. Anda pun bisa menikmatinya dengan buras dan sambal khas Makassar agar terasa lebih otentik.


    Untuk Anda yang Muslim, tanya dulu ya pada tiap kios nyuknyang yang Anda datangi. Sebab di beberapa tempat, mereka turut menjual nyuknyang yang terbuat dari daging babi. 




    6. Sop Lidah Lamuru

    Sop berbahan dasar lidah dan daging sapi ini begitu tersohor di kalangan pencinta kuliner Makassar. Rasa kuah kaya rempah dan campuran kaldu yang teracik gurih, menjadikan kedai sop lidah yang berdiri di Jalan Lamuru sejak 50an tahun yang lalu tetap ramai hingga kini.



    7. Mie Lagaligo (La Galigo)


    Mie yang disajikan di Kios Lagaligo Makassar ini memiliki kuah kaldu yang kental dan tekstur mie yang kenyal di mana amat membangkitkan selera makan.


    Ada dua porsi yang bisa dipilih, yaitu porsi kecil dan besar di mana porsi kecilnya pun cukup mengenyangkan.




    8. Mie Awa

    Selain murah, mie Awa juga berporsi banyak. Dengan mie kering sebagai salah satu menu unggulannya, mie yang disajikan dengan cara disiram sedikit kuah kental dengan potongan daging ayam dan sedikit sayur sawi ini juga mudah ditemukan di mana-mana.


    Telah berhasil membuka beberapa gerai, Mie Awa yang paling mudah ditemukan adalah yang berada di Trans Studio Makassar. Slllrppp!





    9. Ikan Pallu Mara

    Sop ikan dengan cita rasa gurih, asam, dan pedas ini amat nikmat disantap selagi hangat. Daging ikan yang ada di dalamnya pun amat lembut dan kenyal. Anda pasti tidak akan menolak untuk menyantapnya panas-panas terlebih ketika hari sedang hujan.


    Belum sampai ke mulut, bahkan paduan aroma kunyit, bawang, dan cabai yang begitu kuat akan membangkitkan selera makan dalam hitungan detik. Tidak percaya? Yuk ke Makassar.



    10. Sop Konro

    Siapa yang tak kenal sop Konro? Sop yang dibuat dari hasil rebusan daging dan iga sapi ini terkenal dengan rasanya yang tak hanya gurih dan super lezat, namun juga extremely foodgasm karena selalu disajikan bersama iga-iga menggiurkan di mana sisa-sisa daging yang masih melekat pada permukaan tulang bisa Anda gerogoti sampai habis. 


    Makanan berkuah cokelat kehitaman ini bisa dinikmati dengan nasi, ketupat, atau bersama buras Makassar. Heaven in a bowl!




    11. Sop Saudara/ Sop Sodara

    Sop ini terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dalam penyajiannya sering dilengkapi dengan bihun, perkedel kentang, atau bahkan paru goreng dan telur rebus.


    CIri utamanya tidak terlalu berbeda dengan masakan sop Makassar lainnya di mana kuah selalu juicy dengan campuran berbagai rempah sehingga menjadikannya amat kental, gurih, dan juga pedas. Menyegarkan!




    12. Seafood

    Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menikmati aneka masakan seafood di Makassar! 


    Selain sangat enak dan beraneka macam, mayoritas hasil laut yang digunakan pun amat segar. Semua jadi makin menarik untuk disantap. Dari mulai bermacam jenis ikan bakar, berbagai varian masakan kepiting, cumi, udang, hingga kerang yang rasanya mampu menjanjikan apa yang biasa disebut "great foods leads to great happiness".


    Tak boleh ketinggalan, segala sajian juga dilengkapi oleh sambal khas yang bakal membuat Anda sulit move on. Duh!



    13. Sarabba

    Beralih ke minuman, sarabba merupakan minuman hangat khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk.


    Kegunaannya pun beraneka macam. Bisa untuk mengusir flu, mengobati masuk angin, menghangatkan tubuh, hingga sebagai jamu pembangkit stamina yang sedang lesu.





    14. Baroncong

    Tampilannya mirip dengan kue bandros yang ada di Bandung atau kue pancong yang ada di Jakarta. Berbentuk setengah lingkaran, kue yang dibuat dengan cetakan kue pukis ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, penambah aroma rasa, dan parutan kelapa muda.





    15. Nasi Kuning Riburane

    Meski merupakan nasi kuning asli Jawa Timur, namun kudapan ini sudah menjadi kuliner khas Makassar sebab animo masyarakat yang sengaja datang untuk menikmatinya tidak pernah berhenti setiap hari. 


    Istimewanya lagi, cita rasa nasi kuning Jawa yang telah disesuaikan dengan cita rasa Makassar ini kemudian memang jadi daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional. Bahkan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2010 hingga 2012, warung nasi ini pun secara konsisten mendapat penghargaan sebagai Makassar Most Favourite (MMF) Award Culinary untuk kategori nasi.


    Sssst.. Dengar-dengar Nasi kuning Riburane ini favoritnya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga, lho.




    16. Bassang/Bubur Bassang

    Bahan utama bubur ini adalah jagung pulut (jagung ketan) berwarna putih yang hanya ada di Makassar. 


    Dalam proses pembuatannya, jagung pulut dicampur dengan gula, santan, tepung terigu, air, dan garam. Rasa yang dihasilkan pun cukup unik, yaitu percampuran antara manis dan asin dengan tekstur creamy.


    Kini Bassang mulai sulit ditemui di Makassar. Meski masih ada, namun jumlahnya tak lagi banyak. Padahal di masa lalu makanan ini sempat sangat ikonik.



    Baca juga 32 Makanan Makassar ini Bakal Bikin Ketagihan Part 2




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below