10 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba


  • 10 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba
    (Foto: hedgehog111/Shutterstock/ClickPhotos)

    Bali terkenal sebagai pulau dewata yang paling indah, tetapi jarang diketahui bahwa Bali memiliki segudang makanan tradisional yang unik dan dapat Anda jadikan destinasi petualangan kuliner Anda. Sudahkah Anda mencoba makanan berikut ini?

     

    (Baca juga Artikel: 10 Restoran & Makanan di Kota Pontianak yang Enak)



     

     

     

     

     

    Jaja Bali

    Mungkin Anda tidak sering mendengar Jaja Bali ketika mengunjungi Bali. Jaja Bali adalah kue-kue jananan Bali yang dijual di warung kecil dan beberapa pedagang asongan. Ada banyak macam makanan manis dan kue yang terbuat dari bahan dasar kelapa dan ketan. Anda tidak dapat meninggalkan bali tanpa mencoba makanan manis dari jajanan Bali.

     

     

     

     

     

    Bebek Betutu

    Makanan unik khas Bali ini tidak ada duanya. Dibuat dengan rempah-rempah yang dibungkus dengan daun, total waktu preparasi makanan ini hampir 12 jam! Tidak heran rasanya sangat sedap.

     

     

     

     

     

    Nasi Campur Bali

    Nasi campur adalah makanan yang dapat Anda pilih untuk santap siang. Nasi panas dengan sedikit porsi ikan atau daging dengan kombinasi sayur-sayuran yang porsinya pas untuk satu orang.

     

    (Baca juga Artikel: 10 Restoran Paling Hits di Jakarta untuk Brunch)

     

     

     

     

     

    Babi Guling

    Bali sangat terkenal dengan hidangan babi guling dengan rempah-rempah aromatik yang dipanggang dengan cara menggulingkan babi sampai matang secara perlahan.

     

     

     

     

     

    Sate Lilit

    Sate lilit Bali biasanya hadir dalam satu piring nasi campur yang Anda pesan di beberapa restoran di Bali. Terbuat dari ikan kembung, udang dan rempah-rempah yang wangi, sedap!

     

     

     

     

     

    Lawar Bali

    Lawar adalah makanan khas Bali yang cukup sehat karena menggunakan sayur-sayur dan daging secukupnya. Namun, jika Anda yang memiliki pantangan memakan daging tertentu, pastikan Anda bertanya kepada restoran tersebut akan sayuran dan bahan lain yang digunakan untuk membuat Lawar sebelum memesan makanan unik khas Bali satu ini.

     

    (Baca juga Artikel: 10 Restoran Makanan Sehat dan Enak di Jakarta)

     

     

     

     

     

    Urab Bali

    Tidak kalah sehatnya, urab juga menggunakan sayur-sayuran rebus dan segar, namun rasanya ketika menikmati gurihnya urab, Anda bisa lupa dengan hidangan utama Anda.

     

     

     

     

     

    Sambal Matah

    Sambal matah memang sudah sangat terkenal di mata dunia sebagai sambal yang peda, garing dan juicy dari Bali yang membuat Anda menjadi bangga menikmati makanan tenar satu ini.

     

     

     

     

     

    Ikan Bakar Jimbaran

    Apa yang membedakan ikan bakar di Jimbaran dengan ikan bakar lainnya? Ikan bakar dari restoran sekitar Jimbaran ditangkap segar setiap harinya dan langsung dibakar di atas bara api dengan saus khas Bali. Sedap!

     

    (Baca juga Artikel: 10 Makanan Jalanan Paling Enak dan Murah di Hong Kong)

     

     

     

     

     

    Kopi Luwak Bali

    Kopi luwak disebut sebagai kopi paling mahal di dunia oleh karena rasanya yang beda dari kopi lainnya. Rasa kopi hitam biasanya pahit, namun kopi luwak memiliki cita rasa yang lebih lembut dan musky. Di Ubud ada Luwak Coffee Farm yang dapat menyuguhkan Anda secangkir kopi luwak ini dengan harga yang terjangkau.

     

     



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below