7 Fakta Menarik Antartika


  • 7 Fakta Menarik Antartika
    (Foto: Vadim Nefedoff/Shutterstock/Clickphotos)

    Benua Antartika yang menjadi kutub selatan bagi Bumi ternyata bisa dijadikan destinasi alternatif liburan yang tidak akan dilupakan seumur hidup Anda. Simak 7 fakta menarik mengenai Antartika berikut ini.

    (Baca juga artikel: 10 Kota Wisata di Asia Untuk Hemat Budget)

    Bisa dikunjungi



    Meskipun terletak di bagian terbawah planet Bumi, namun manusia masih dapat mengunjungi Antartika. Terdapat beberapa pilihan kapal pesiar yang menawarkan rute pelayaran ke benua es tersebut. Ribuan turis pun kerap berkunjung setiap tahunnya.

    Dihuni manusia

    Para ilmuwan dari berbagai negara tinggal di Antartika untuk bekerja. Ada lebih dari 80 kantor riset yang didirikan oleh 28 negara berbeda. Namun sebagian dari mereka akan kembali ke kampung halamannya masing-masing saat musim dingin.

    Sangat kering

    Meskipun 99% dari benua ini diselimuti es, namun lokasi yang bernama The Dry Valleys adalah tempat terkering di dunia karena memiliki tingkat kelembapan yang sangat rendah dan hampir tidak ada salju atau es di sana.

    Dihuni 5 jenis penguin

    Terdapat 5 jenis penguin yang tinggal di benua Antartika, yaitu emperor, king, adelie, chinstrap dan gentoo.

    Danau tersembunyi

    Walaupun diselimuti oleh es, sebenarnya terdapat banyak danau di Antartika. Danau terbesar adalah danau Vostok dan berukuran kurang lebih sama dengan danau Ontario yang ada di Kanada.

    Bukit pasir

    Ternyata bukit pasir pun masih bisa ditemukan di Antartika dan yang terbesar berada di McMurdo Dry Valleys dengan ketinggian 70 meter dan lebar 200 meter.

    Angin kencang

    Angin yang sangat kencang bertiup di benua es ini. Kecepatannya mampu mencapai hingga 320 km/jam.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below