Makanan Daerah di Indonesia yang Aneh Tapi Sehat


  • Makanan Daerah di Indonesia yang Aneh Tapi Sehat
    (Foto: 7th Son Studio/Shutterstock/ClickPhotos)

     

    Tidak ada yang meragukan kelezatan makanan Indonesia lagi, rendang, nasi goreng, tempe goreng dan sederetan makanan Indonesia lainnya sudah dikenal di mata dunia. Namun ada juga makanan Indonesia yang jarang diketahui karena hanya sebagian kecil dari masyarakat yang mengonsumsi makanan tersebut. 

    Makanan-makanan Indonesia yang berasal dari daerah ini menggunakan bahan-bahan makanan aneh tetapi dikonsumsi karena baik untuk kesehatan. Mungkin Anda juga tertarik untuk mencoba salah satunya.



    (Baca juga artikel: 5 Cemilan Masa Kecil yang Bikin Kangen)

    Paniki

    Paniki adalah makanan khas Indonesia yang datang dari daerah Sulawesi Utara, tepatnya Manado. Walaupun dianggap aneh di daerah lain di Indonesia, ternyata Paniki memiliki kelebihan untuk menyembuhkan alergi, asma dan sumber protein yang baik.

    Bahan utama dari makanan ini adalah kelelawar atau kalong. Karena bau kelelawar yang sedikit amis, cara memasaknya dibuat pedas dan dicampur dengan santan.

    Lawar Sarang Lebah

    Sangat sulit membawa pulang sarang lebah secara utuh, makanan ini pun menjadi sangat langka di Indonesia, namun tetap saja beberapa penduduk lokal di Bali masih menikmatinya. Sarang lebah yang garing bercampur dengan lawar dari pepaya muda dan sayuran lainnya dalam semangkuk salad segar.

    Tidak hanya sedap tetapi juga sehat, karena dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Anda yang ingin mencicipi makanan aneh namun sehat ini dapat mencobanya di Warung Dita di Jl. Ahmad Yani di Denpasar.

    (Baca juga artikel: 8 Resep Mudah dan Praktis Memasak Telur)

    Tikus Panggang

    Jika Anda sedang berpikir betapa joroknya seekor tikus yang sering memakan sampah dan buangan lainnya di rumah Anda, tidak demikian dengan tikus panggang yang berasal dari Minahasa di Sulawesi Utara ini.

    Tikus ini berasal dari hutan dan dipastikan tidak terkontaminasi limbah pembuangan. Nyatanya tikus adalah salah satu makanan yang dapat menjadi pembangkit gairah juga.

    Papeda

    Papeda atau bubur sagu sejak dahulu sudah menjadi makanan utama atau sumber karbohidrat bagi penduduk daerah Maluku dan Papua di Indonesia. Tampilannya yang seperti pelekat kertas membuat papeda dipandang sebagai makanan yang aneh, tetapi rasanya ini enak sekali.

    Selain itu, makanan ini tergolong sehat karena kandungan lemak yang sangat rendah. Cara memakan papeda adalah dengan menyajikannya bersama sup ikan kunyit. Kemudian dengan tangan Anda, ambil sejumput papeda dan ikan sebagai lauk dan nikmati rasa kenyal dan gurih.

    (Baca juga artikel: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Dunia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below