Food & travel

15 Chinese Food Enak & Halal yang Harus Dicoba

By : Olivia Aten - 2017-03-12 03:31:00 15 Chinese Food Enak & Halal yang Harus Dicoba

Rasa enak makanan asal negara Tiongkok memang tidak diragukan lagi, hadirnya china town atau pecinan di negara Amerika, Inggris, dan negara Eropa lainnya membuktikan kelezatan dan dari chinese food.

Hal yang perlu Anda ketahui, di daratan Tiongkok, ada sebuah provinsi bernama Lanzhou yang seluruh penduduknya beragama Islam dan di provinsi ini pula datangnya chinese food yang halal dan luar biasa enak, tentunya sayang sekali jika Anda lewatkan.

Namun sebelum mencicipi, pastikan untuk selalu bertanya kepada pelayan di restoran tentang minyak dan alat memasak yang digunakan dapat dipastikan halal.

Anda siap untuk berpetualang dalam kuliner? Coba lihat apa saja makanan tersebut.

Peking Duck

Jenis Chinese food yang satu ini namanya judah mendunia oleh karena rasanya yang sangat unik dan khas oriental. Bebek panggang dengan kulit yang garing bersama daun bawang dan saus plum yang manis dibalut oleh kulit lumpia yang lembut.

Berasal dari kota Beijing, jenis chinese food halal ini dapat diterima di mana saja.

 

Lanzhou Noodle

Provinsi Lanzhou terletak di negara Tiongkok bagian paling barat, dan daerah ini menghasilkan bakmi yang adonannya dibuat dari tahap yang paling dasar. Jadi, Anda akan merasakan satu mangkuk bakmi yang dibuat dengan penuh cinta.

Kemudian, bakmi lembut tersebut disiram dengan kuah panas yang bercampur rempah-rempat dan irisan tipis daging sapi yang sangat banyak.

 

Ikan Asam Manis

Ikan goreng garing yang dibumbui dengan saus asam manis, irisan paprika dan nanas. Ini juga salah satu chinese food enak dan halal yang sudah dikenal banyak orang di Indonesia.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Restoran Sehat di Jakarta)


Mapo Tofu

Tahu lembut yang dimasak dengan lada hitam pekat dan pedas ini adalah tantangan Anda pencinta makanan pedas ketika Anda mendatangi negara Tiongkok.

Namun di negara lain, karena keterbatasan sumber lada hitam pekat yang hanya tumbuh di negara Tiongkok, lada tersebut pun diganti dengan bumbu lain dan membuatnya rasa aslinya berubah dan lebih menyesuaikan selera lokal. Anda tentu harus coba.


Hainan Chicken Rice

Hainan Chicken rice adalah Chinese food yang berasal dari daerah paling selatan di negara Tiongkok, potongan ayam rebus dipandankan dengan nasi aromatik yang membuat Anda semakin semangat ditiap gigitannya.

Anda bisa mendapatkannya di Singapura, Malaka di Malaysia dan bahkan beberapa kedai di Medan.

Pastikan kedai tersebut bertanda halal sebelum Anda mencicipi Chinese food yang dihidangkan.

 

Cakwe

Jenis Chinese food yang dibuat pada jaman perang ini awalnya digunakan sebagai bekal yang mengeyangkan ketika berjalan jauh, hingga kini, Cakwe dijual di sepanjang jalanan di negara Tiongkok dan bahkan gerobak-gerobak di Jakarta.

 

Kung Pao Chicken

Satu piring lauk penuh dengan rasa, ada pedas, asin, manis dan sedikit asam adalah deskripsi yang tepat untuk Kung Pao Chicken.

 

Oyster Omelette

Chinese food halal dan enak yang menjadi makanan jalanan di Hong Kong ini ternyata sudah dipraktikan cara pembuatannya di negara-negara tetangga seperti Filipina, Singapura, Malaysia dan bahkan beberapa restoran yang menyediakan Chinese food di Indonesia.


Namun yang harus Anda pastikan sebelum mencicipi adalah minyak yang digunakannya.

   

(Baca Juga: 10 Makanan Malaysia yang Harus Anda Coba)


Bakso Ikan

Ada beberapa restoran yang menjual bakso ikan di Jakarta seperti di sekitar Sunter dan Kelapa Gading. Chinese food yang satu ini sangat spesial karena terbuat dari ikan belidak, rasa kuahnya asam dan asin namun menyegarkan.

 

Bubur Ikan

Restoran yang menyediakan Chinese food halal seperti Ta Wan, bubur Kwang tung, dan Din Tai Fung menyediakan bubur ikan dengar rasa yang autentik.

  

I Fu Mie

Mie kremes goreng yang disiram dengan kuah kental seafood dan sayur-sayuran ini berasal dari negeri Tiongkok dan sekarang sudah dapat dinikmati di restoran Chinese food manapun, Anda harus coba I Fu Mie di Restoran Solaria.

 

Char Kway Teow

Chinese food ini populer di kota Penang, Malaysia. Mie beras yang dimasak dengan kerang, telur, taoge dan daun bawang ini lezatnya tidak ada yang dapat mengalahkannya.

 


(Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba)


Kue tart

Kue Tart sebenarnya berasal dari negara Portugis, namun dengan bekal resep tersebut, Hong Kong berhasil mengubahnya menjadi Chinese food khas Hong Kong, tart telur dengan pinggiran tebal dan renyah dan membuat kue tart ini mempunyai keunikan tersendiri.

 

Nasi Tim

Jenis Chinese food yang satu ini berasal dari komunitas Tionghua di Indonesia, dan sudah dijual di manapun dengan menggunakan ayam, jamur dan nasi yang benar-benar lembut.

 

Bakpao

Bakpao adalah Chinese food halal yang sudah ramai di Indonesia. Ada yang berisi ayam, sapi, bengkoang, bahkan dijadikan makanan manis dengan isi srikaya, kacang hijau dan kacang merah.

Namun taukah Anda bahwa sebenarnya bakpao ini adalah makanan yang berasal dari negara Tiongkok pada jaman peperangan? Karena keterbatasan bahan pangan, maka makanan yang sangat mengenyangkan dan bisa tahan lama dibuat.


Food & travel