Life & health

7 Cara Menghemat Air di Rumah

By : Yolanda Deayu - 2017-03-07 06:36:21 7 Cara Menghemat Air di Rumah

Salah satu cara menjaga lingkungan adalah dengan menghemat penggunaan air. Jangan sia-siakan air yang ada begitu saja karena masih banyak orang yang kurang beruntung yang tidak dapat menikmati air bersih. Simak 7 cara menghemat air berikut ini.

(Baca juga artikel: Tips Mengelola Sampah Sendiri)

Perbaiki pipa dan keran yang bocor

Selain dapat membuat tagihan air menjadi tinggi, pipa atau keran yang bocor juga berkontribusi pada pemborosan air. Segera perbaiki pipa dan keran yang bocor.

Tutup keran air saat menggosok gigi

Jangan biarkan keran terbuka dan air terus mengalir ketika Anda sedang menggosok gigi. Tutup keran air dan nyalakan kembali saat hendak berkumur dan mencuci sikat gigi.

Matikan shower saat memakai sabun dan sampo

Memakai sabun dan sampo membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Matikan shower agar air tidak keluar terus menerus dan terbuang percuma.

Cuci baju dalam jumlah yang banyak

Mencuci jumlah baju yang sedikit di dalam mesin cuci hanya akan menyia-nyiakan air. Cuci baju dalam jumlah yang banyak sekaligus agar lebih hemat.

Siram tanaman secukupnya

Menyiram kebun secara berlebihan dapat membuat tanaman layu. Anda tidak perlu menyiram kebun setelah hujan, karena mereka telah mendapatkan cukup air.

Gunakan shower hemat air

Ganti shower Anda dengan shower hemat air dan ramah lingkungan untuk mengurangi jumlah air yang keluar saat mandi.

Gunakan ember untuk mencuci mobil

Mencuci mobil dengan selang akan menghabiskan air yang sangat banyak. Cukup gunakan satu ember air, lap, dan spons agar lebih hemat.

Life & health