Wanita Indonesia Dapatkan Penghargaan Internasional


  • Wanita Indonesia Dapatkan Penghargaan Internasional
    (Foto: Dok. worldcsrday.com)

    Seorang anak bangsa berhasil menorehkan prestasi yang diakui oleh dunia lagi. Dr. Aretha Aprilia menerima penghargaan internasional pemimpin lingkungan “50 Most Impactful Green Leaders (Global Listing)”. Upacara penghargaan dilaksanakan di hotel Taj Lands End, India.

    Pemilihan yang dilaksanakan pada 18 Februari lalu dilakukan secara independen oleh World Sustainability dalam rangka 'World Corporate Social Responsibility (CSR) Day' dilakukan secara independen dan kemudian diseleksi lebih lanjut oleh dewan juri yang merupakan profesional dari bidang lingkungan hidup dari berbagai negara.

    (Baca juga artikel: Tips Mengelola Sampah Sendiri)



    Kriteria yang diadopsi untuk kategori ini adalah konservasi dan efisiensi energi, manajemen sampah, kepemimpininan dalam isu-isu lingkungan, dan partisipasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hal lingkungan hidup.

    Sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia untuk kategori ini, wanita yang bergelar doktor dari Kyoto University Jepang berkata ia tidak menyangka ketika dikontak panitia bahwa dirinya akan dianugerahi penghargaan tersebut.

    “Penghargaan ini memberikan saya semangat untuk terus berkarya dalam menyerukan konservasi energi, pemanfaatan energi terbarukan, serta manajemen sampah yang berkelanjutan,” kata Aretha yang sekarang ini menjabat sebagai lead untuk program Community Renewable Energy di CDM Smith Jakarta.

    Wanita yang pernah bekerja di United Nations Environment Programme di Bangkok dan Paris ini juga pernah menerima penghargaan “Young Caring Professional Award” dari Martha Tilaar pada tahun 2013 dan menjadi nominator “Most Powerful Woman Award” dalam majalah Her World.

    Dr. Bhattia selaku ketua World CSR Day menyampaikan, “Penghargaan 50 Most Impactful Green Leaders (Global Listing) ini diberikan bagi mereka yang berdedikasi dalam isu-isu CSR dan lingkungan hidup. Mereka adalah pemimpin dan agen transformasi yang mendukung upaya masyarakat berkontribusi terhadap konservasi lingkungan.”