Cara Menghadapi Kekerasan Dalam Rumah Tangga


  • Cara Menghadapi Kekerasan Dalam Rumah Tangga
    (Foto: Dean Drobot/Shutterstock/Clickphotos)

    Apa yang harus Anda lakukan jika suami melakukan kekerasan dalam rumah tangga? Bentuk kekerasan yang dikakukan dapat melalui kata-kata atau tindakan fisik, Berikut adalah cara menghadapi kekerasan dalam rumah tangga.

    (Baca juga artikel: Tips Agar Lebih Disayangi Suami)

    Jaga kesehatan mental

    Menghadapi kekerasan dalam rumah tangga dapat membuat kesehatan mental Anda terganggu. Tetap beristirahat cukup dan lakukan olahraga untuk melupakan hal tersebut untuk sesaat.

    Jangan ditanggapi

    Jaga jarak dan jangan tanggapi suami Anda jika ia sedang mengatakan kata-kata yang tidak pantas. Pergilah ke ruangan lain dan biarkan ia mendinginkan kepala dan menenangkan dirinya sendiri.

    Komunikasi

    Tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga. Ceritakan apa yang terjadi agar tidak ada salah paham terutama jika suami sudah mulai mengatur kehidupan sosial Anda.

    Siapkan rencana

    Jika suami sudah berlebihan dalam melakukan kekerasan dalam rumah tangga, siapkan rencana agar Anda mudah mengevakuasi diri Anda sendiri. Siapkan telepon genggam untuk menghubungi orang-orang terdekat dan meminta pertolongan.

    Laporkan

    Laporkan ke pihak yang berwenang jika Anda sudah mengalami kekerasan fisik. Kekerasan tidak seharusnya terjadi jika suami tidak ingin untuk melakukan hal tersebut.