Tips Mencegah Pernikahan Melebihi Anggaran


  • Tips Mencegah Pernikahan Melebihi Anggaran
    (Foto: Halfpoint/Shutterstock/Clickphotos)

    Mengadakan acara pernikahan membutuhkan banyak uang. Buat anggaran sesuai dengan keuangan Anda dan jangan melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Berikut adalah tips untuk mencegah pernikahan melebihi anggaran.

    (Baca juga artikel: Cara Agar Tidak Menjadi Bridezilla)

    Sewa gaun pengantin



    Pertimbangkan untuk menyewa gaun pengantin daripada membeli baju pengantin baru. Selain harganya yang sangat mahal dan hanya akan digunakan sekali, Anda masih harus mencari perhiasan yang cocok untuk digunakan dengan gaun tersebut. Tempat sewa gaun pengantin biasanya akan memiliki paket khusus yang telah dilengkapi dengan aksesoris yang akan dibutuhkan.

    Rencanakan sendiri

    Daripada menggunakan jasa wedding organizer, Anda dapat meminta tolong anggota keluarga dan teman-teman untuk mempersiapkan acara pernikahan dengan berbagi tugas baik saat perencanaan atau saat hari pernikahan berlangsung.

    Buat undangan sendiri

    Buatlah undangan sendiri dibandingkan meminta tolong vendor. Anda dapat mencari desain di internet, membeli kertas yang indah, dan mencetak sendiri menggunakan printer di rumah. Membuat undangan secara online juga dapat menjadi alternatif karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak apapun.

    Lakukan riset

    Hindari membeli sesuatu tanpa mencari tahu vendor termurah dari setiap barang yang dibutuhkan. Jangan sampai mendapatkan harga yang jauh lebih mahal daripada seharusnya karena tidak melakukan riset terlebih dahulu.

    Tetap ikuti rencana

    Ikuti rencana yang telah dibuat dan jangan membeli atau menyewa sesuatu yang melebihi anggaran. Hilangkan barang-barang yang tidak penting dari daftar atau menggantinya dengan alternatif yang lebih murah.