Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Gigi



  • Merokok

    Tembakau memiliki efek yang buruk pada gigi karena bisa mengeringkan mulut Anda dan meninggalkan warna hitam di gigi. Jika Anda punya kebiasaan merokok, segera tinggalkan sebelum gigi Anda berubah warna.

    Mengunyah es batu



    Mungkin es batu memiliki tekstur unik yang membuat Anda gemar mengunyahnya. Namun, kebiasaan ini justru bisa menimbulkan lubang kecil di gigi yang nantinya akan membesar dan berbahaya bagi gusi.

    Tindik lidah

    It might look fashionable, tapi tahukah Anda bahwa tindikan tersebut biasanya akan menggesek gigi, sehingga rentan membuatnya retak.

    Obat batuk cair

    Surprise, surprise. Nyatanya, obat batuk cair memiliki kandungan gula yang jika dikonsumsi terlalu sering saat Anda sakit, mampu memberikan dampak buruk bagi gigi. Sebaiknya cari alternatif obat lain.

    Gummy bears atau permen lengket

    Perman memiliki kadar bahaya yang tinggi bagi kesehatan gigi, khususnya permen gummy atau permen lengket. Biasanya, saat mengonsumsi permen ini, sisanya akan tertinggal di sela-sela gigi Anda dan sukses menghasilkan bakteri. Segera sikat gigi Anda setiap mengonsumsinya.

    Meminum soda

    Kandungan gula yang ada dalam minuman bersoda akan menempel di gigi Anda. Untuk menghindarinya, gunakan sedotan untuk menghindari sentuhan langsung dengan gigi. Lalu, sikat gigi Anda setidaknya 30 menit setelah minum.

    Membuka bungkusan dengan gigi

    Perlu diingat bahwa barang yang ada sekitar kita mengandung bakteri dalam jumlah banyak. Maka, menyentuhnya dengan gigi hanya akan memindahkan bakteri tersebut ke dalam mulut Anda. Apalagi, jika barang tersebut memiliki tekstur yang keras, gigi Anda bisa retak akibat tekanan yang terlalu besar.

     

    (FOTO: SYDA PRODUCTIONS/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below