Life & health

6 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan

By : Yolanda Deayu - 2017-02-11 22:13:40 6 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan

Memelihara hewan peliharaan tidak hanya membuat hidup Anda dan hidup hewan peliharaan Anda lebih berarti, namun mereka juga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Berikut adalah 6 manfaat memelihara hewan untuk kesehatan.

(Baca juga artikel: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan)

Tekanan darah lebih rendah

Memiliki hewan peliharaan dapat membuat tekanan darah Anda lebih rendah karena Anda tahu bahwa hewan peliharaan Anda mencintai Anda apa adanya, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal lainnya.

Teman berolahraga

Seekor anjing harus rutin diajak jalan-jalan untuk kesehatan fisik dan mentalnya. Anda juga akan mendapatkan teman berolahraga saat melakukan jogging atau jalan kaki di pagi hari karena anjing Anda akan menemani Anda.

Mencegah depresi

Riset yang dilakukan oleh para peneliti di UCLA School of Public Health mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan akan mengurangi rasa depresi yang dialami oleh penderita AIDS, terutama mereka yang sangat dekat dengan hewan peliharaannya secara emosional.

(Baca juga artikel: Manfaat Jamur untuk Kesehatan)

Baik untuk jantung

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang mempunyai penyakit jantung dapat bertahan lebih lama jika mereka mempunyai hewan peliharaan. Anda juga dapat menhindari resiko terkena penyakit jantung dengan memelihara hewan terutama seekor anjing karena mereka akan rutin berjalan-jalan setiap hari.

Memperbaiki suasana hati

Anda akan disambut oleh hewan peliharaan Anda saat pulang ke rumah, sehingga suasana hati Anda yang tadinya sudah buruk akan kembali menjadi baik saat melihat keceriaan dari hewan peliharaan Anda.

Mengurangi stress

Peneliti dari  University of New York di Buffalo menemukan hasil bahwa seseorang yang sedang melakukan pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi akan menjadi lebih tenang saat didampingi oleh hewan peliharaan mereka, bahkan lebih baik dibandingkan saat didampingi oleh pasangan, keluarga, atau teman dekat mereka.

Life & health