Food & travel

2 Kota di Indonesia Merayakan Festival Cap Go Meh

By : Olivia Aten - 2017-02-07 01:50:52 2 Kota di Indonesia Merayakan Festival Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh pada tanggal 11 Februari ini sebenarnya adalah puncak dari perayaan Imlek, yang juga merupakan hari ke-15 dari hari imlek. Ada 2 perayaan seru di Indonesia yang harus Anda saksikan yaitu di Singkawang dan di Bogor. Apa saja yang ada dalam perayaan ini?

 

(Baca juga artikel: Perarakan Naga Imlek di Kota Pontianak)

 

Festival Tatung di Singkawang

Kota Singkawang terletak di Kalimantan Barat dan merupakan pecinan terbesar di Indonesia. Tradisi Cina yang kental bercampur dengan tradisi lokal dayak membuatnya sangat berkesan di mata para turis. Hal yang paling berkesan dalam perayaan Cap Go Meh di Singkawang ini adalah tatung. Apa itu tatung?

 

Tatung adalah para ahli magis yang ilmunya hanya dapat dipertontonkan pada hari ke-15 imlek. Hampir seperti bermain debus, badan mereka kebal dari segala tusukan benda tajam dan lainnya.

 

Jika Anda tertarik, Anda harus mempersiapkan mental untuk melihat pertunjukan ini, karena memang sedikit menakutkan. Jika Anda tidak berani, banyak tarian naga dan barongsai juga kok.

 

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor

Pesta rakyat tahun ini diadakan pada tanggal 11 Februari dan mulai dari jam tiga sore. Pada tahun lalu, pesta Rakyat di Bogor telah mendapatkan penghargaan dari Presiden Indonesia yang mengharapkan kota lainnya dapat mencontoh ketentraman kota Bogor yang saling menyemangati perayaan dari masing-masing agama dan suku.

 

Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan perarakan tarian barongsai, naga, bahkan wali kota Bogor yang menunggangi Reog Ponorogo! Akan ada juga hidangan di sepanjang jalan, Anda pasti semakin semangat sepulangnya dari sini.

Food & travel