5 Manfaat Sehat Jika Mengonsumsi Bubur Jagung


  • 5 Manfaat Sehat Jika Mengonsumsi Bubur Jagung
    (Foto: Dok. Taste.com.au)

    Polenta atau bubur jagung merupakan makanan khas Italia. Jika disajikan segera setelah dimasak, polenta bertekstur lembut berbeda dengan yang sudah lama karena berubah menjadi tebal dan padat. Temukan lima manfaat polenta bagi kesehatan tubuh.


    1. Kaya akan karbohidrat kompleks



    Jenis karbohidrat yang mengandungs serat dan pati ini dipecah dalam tubuh lebih lama sehingga tidak menimbukan naik-turunnya gula darah setelah makan. Karbohidrat kompleks membuat kita merasa kenyang lebih lama, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengandung vitamin serta mineral.Jenis karbohidrat ini sangat baik untuk penderita diabetes melitus.


    2. Mengandung vitamin A

    Vitamin A memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalanm tubuh. Vitamin A menjaga epitel, jaringan tubuh yang melapisis paru-paru, saluran pencernaan, lapisan pembuluh darah, dan kulit. Kandungan dalam polenta ini melindungi bakteri atau mikroorganisme penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.


    3. Sumber karotenoid

    Karotenoid adalah pigmen yang terdapat pada makanan nabati dan dapat diubah menajdi bentuk vitamin A. Asupan makanan yang mengandung karotenoid dapat bekerja sebagai antioksidan melindungi sel-sel, jaringan, dan organ di tubuh dalam melawan efek radikal bebas.


    4. Mengandung protein

    Komponen utama dalam polenta adalah karbohidrat namun tetap mengandung protein. Protein ini berfungsi dalam proses metabolisme dan pembentukan struktur tubuh, enzim, hormon, dan neurotransmitter.


    5. Memiliki mineral penting lainnya

    Polenta menagndung mineral-mineral esensial yaitu kalsium, zat ebsi, magnesium, fosfor, natrium, dan zink yang berguna dalam menjaga kepadatan tulang serta menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below