Life & health

6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

By : Yolanda Deayu - 2017-01-08 13:27:27 6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Pisang merupakan buah yang praktis untuk dimakan dalam waktu yang singkat dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu, pisang juga mudah dicerna oleh tubuh karena teksturnya yang lembut. Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi pisang setiap hari.

(Baca juga artikel: Manfaat Makan Buah Stroberi untuk Kesehatan)

Baik untuk jantung

Pisang merupakan sumber potasium yang merupakan mineral penting bagi kesehatan jantung. Dengan banyak memakan makanan yang mengandung potasium, Anda dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Mengandung antioksidan yang kuat

Jenis antioksidan yang terkandung dalam pisang, dopamin dan catechin, merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

(Baca juga artikel: 5 Manfaat Makan Jeruk Setiap Hari)

Membuat Anda senang

Bagi Anda yang menderita depresi, pisang mempunyai kandungan triptofan yang tinggi. Zat ini akan berubah menjadi serotonin setelah dicerna oleh tubuh Anda, yaitu zat yang meningkatkan mood Anda sehingga menjadi Anda merasa senang. 

Melancarkan pencernaan

Pisang mengandung serat yang baik untuk tubuh Anda. Salah satu jenis serat yang terdapat dalam pisang adalah pati resistan, yang merupakan makanan bagi bakteri baik yang ada di dalam usus. Pisang juga dapat melindungi Anda dari kanker usus.

Membantu mengurangi berat badan

Pati resistan yang terkandung dalam pisang juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga akan mengurangi nafsu makan Anda. Satu buah pisang juga hanya mempunyai sekitar 90 kalori sehingga dapat Anda jadikan camilan yang mengenyangkan di sore hari.

Baik untuk ginjal

Memakan pisang secara rutin dapat mengurangi resiko terserang penyakit ginjal. Potasium yang terdapat pada pisang juga membantu menjaga kesehatan ginjal.

Life & health