5 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking


  • 5 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking
    (Foto: ESB Professional/Shutterstock/Click Photos)

    Public speaking merupakan kemampuan yang semakin diperhitungkan di dunia kerja maupun dalam berorganisasi. Imung Hikmah dari Toastmasters International, organisasi nonprofit yang membantu masyarakat dalam bidang public speaking dan leadership skill, memberikan tip untuk berbicara di depan umum.

    POWER

    Antusiasme, vokal, dan bahasa tubuh merupakan kekuatan paling besar saat berbicara di depan publik. Berikan energi positif dan antusiasme terhadap pendengar dan cari tema pidato yang menarik. Latih suara dan kekayaan vokal saat berbicara, serta gunakan bahasa dan gerak tubuh yang natural, dinamis, dan tidak berlebihan.



    PREPARATION

    Gunakan formula 5W+1H untuk mempersiapkan pidato Anda. WHAT (Apa tujuan pidato atau presentasi Anda?), WHO (Siapakah pendengarnya?), WHY (Apa yang pendengar inginkan dari pidato tersebut?), WHEN (Kapan pidato ini akan Anda sampaikan?), WHERE (Di mana tempat yang mendukung pidato Anda?), dan HOW (Bagaimana struktur pidato Anda?).

    PACE

    Kecepatan dan konsistensi sangat penting saat berbicara di hadapan publik. Jika pidato yang disampaikan terlalu cepat, pendengar akan sulit memahami presentasi dan pidato Anda, begitu pula jika terlalu lambat. Sebagai panduan, kecepatan yang cukup baik berbicara adalah sekitar 100-120 kata per menit.

    PERSONA

    Tunjukkan karakter Anda yang ingin ditampilkan atau dirasakan oleh orang lain. Persona yang buruk tidak akan membantu untuk menyampaikan pidato di hadapan umum meskipun Anda sudah berusaha sekian rupa. Tunjukkan persona melalui ketulusan, kegembiraan, dan rasa percaya diri agar dapat diterima oleh pendengar dengan senang hati.

    PRACTICE

    Berlatihlah segiat mungkin untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda. Ingat pepatah yang mengatakan 'bisa karena terbiasa'? Berlatih membuat Anda lebih sempurna dan terus menunjukkan perkembangan pesat terhadap kemampuan Anda.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below