Life & health

Mengenal Penyakit Lupus dan Pengobatannya

By : Amalta Rifani - 2016-09-09 06:38:18 Mengenal Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit kronis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang berbagai bagian tubuh seperti sendi, sel darah, paru-paru, jantung dan kulit.

Penyakit lupus dapat berpotensi mematikan jika tidak terdiagnosis dan ditangani sejak dini. Bebearapa faktor umum yang dikabarkan dapat mempengaruhi timbulnya lupus adalah dari lingkungan, genetik dan obat-obatan.

SLE tidak menular dan kebanyakan menyerang wanita pada usia produktif (15-50 tahun). Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini dapat menyerang pria dan anak-anak.

Gejala

Gejala awal penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya ruam merah di kulit, mudah kelelahan, masalah pada rambut, nyeri pada sendi dan dada, sariawan, anemia, demam dan kelenjar getah bening.

Pencegahan

Setelah mengetahui gejala di atas, hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit autoimun ini dengan menjalani pola hidup sehat meliputi pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, perbanyak serat sayuran dan buah-buahan.

Didukung juga dengan menjauhi minuman keras, rokok, stres dan overworked.

Pengobatan

Mengingat penyakit ini akan terus ada pada tubuh si penderita, cara pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pola hidup sehat dan disiplin dalam menjalankannya.

Dengan begitu, penderita SLE dapat hidup normal atau setidaknya dapat mendekati tahap normal. Begitu pula jika penyakit ini didapati karena faktor genetik.

Life & health