Life & health

Bahaya Kacang Mete

By : Anindita Nadya - 2016-07-19 06:11:00 Bahaya Kacang Mete

Kacang mete cukup terkenal dengan kandungan protein, serat dan zat besinya bagi kesehatan. Namun, menurut penelitian yang dikemukakan dalam situs kesehatan Livestrong, konsumsi yang berlebihan dan pemilihan kacang mete yang tidak tepat dapat berbahaya bagi kesehatan Anda seperti berikut.


Beban kalori yang besar

Kacang mete memang mengandung lemak baik yang cukup sehat bagi jantung. Namun, faktanya lemak dalam kacang mete memiliki kalori dua kali lebih banyak daripada protein maupun karbohidrat.

Konsumsi yang berlebihan dapat membuat lemak menumpuk dalam tubuh dan mengakibatkan kenaikan berat badan.


(Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh)


Sodium berlebih

Kacang mete alami memang tidak mengandung sodium yang terlalu banyak. Di pasaran, salted version dari kacang mede ini memiliki tingkat garam yang mencapai 181 mg per ons.

Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, kebiasaan ini dapat meningkatkan tekanan darah dan kemungkinan munculnya penyakit kardiovaskular.


Bahaya kacang mete mentah

Kacang mete mentah mengandung minyak, poison ivy dan poison sumac yang dapat membuat kulit terasa gatal dan tidak nyaman. Pastikan Anda benar-benar memasak kacang mete yang akan dikonsumsi.


(Baca juga: 5 Minuman Sehat Pendukung Diet Alami)


Mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh

Meski kacang mete memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan komposisi nutrisi dalam tubuh.

Panduan dari The U.S. Department of Agriculture's MyPlate menyatakan bahwa cukup dengan mengonsumsi 5,5 ons makanan berprotein tinggi dalam sehari seperti kacang, susu, dan ikan sudah dapat menyehatkan tubuh kita dan memberi ruang bagi nutrisi lain untuk berkhasiat dalam tubuh kita.

 

(FOTO: ROSIE.GRAPHY/SHUTTERSTOCK)

Life & health