Kesalahan Membuat Teh yang Mungkin Anda Lakukan



  • Menikmati waktu di pagi dan sore hari akan terasa lebih lengkap dengan segelas teh, terutama jika Anda memang pencinta teh. Namun tahukah Anda bahwa teknik menyeduh teh sebenarnya tak semudah yang Anda bayangkan (dan mungkin lakukan selama ini). Berikut 4 kesalahan dalam menyeduh teh yang wajib Anda ketahui:

    Tidak menyimpannya dengan baik

    Akui saja, kebanyakan dari kita pasti sering membiarkan kantung teh tersimpan di kotaknya, bahkan sering lupa untuk menutup kotaknya kembali. Padahal, aroma dan rasa teh akan berangsur melemah jika terpapar udara. Mulai sekarang, pastikan Anda memindahkan kantung-kantung teh ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap demi menjaga kualitasnya.



    Menggunakan es batu di setiap jenis teh

    Harus kami akui, menikmati segelas es teh manis merupakan kenikmatan surgawi, terutama saat cuaca terasa panas. Nyatanya, tak semua jenis teh bisa dinikmati menggunakan es batu. Teh dengan campuran rasa buah segar cocok untuk disajikan dingin, namun teh dengan campuran bunga sebaiknya tetap diseduh menggunakan air hangat. Plus, Anda bisa menambahkan satu sendok buah favorit untuk memberikan rasa manis alami.

    Tidak memerhatikan suhu air

    Jika selama ini Anda menyeduh teh menggunakan air mendidih, segera ubah kebiasaan ini. Hanya teh berat seperti teh oolong dan teh hitam yang bisa diseduh dengan air mendidih. Daun teh yang biasa kita konsumsi membutuhkan suhu air di sekitar 70-80 derajat celcius karena air yang terlalu panas akan membuat rasa teh semakin pahit.

    Menggunakan kantung teh yang sama berkali-kali

    Teh memiliki sederet manfaat mulai dari mengikis lemak, melindungi tubuh dari penyakit, hingga melawan radikal bebas. Namun untuk memaksimalkan manfaat tersebut, teh tidak boleh diseduh berkali-kali karena bisa melunturkan khasiatnya. Ingat, satu kantung teh celup hanya bisa digunakan satu kali untuk satu gelas. Membiarkannya terlalu lama dalam gelas pun bisa menghilangkan kualitas rasa yang dimiliki teh. Bahkan, dengan menyeduh teh berulang kali bisa memberikan dampak yang lebih buruk karena kantung teh celup mengandung zat klorin yang bisa larut dalam air.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: TANYA ROZHNOVSKAYA/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below