Fashion

Mengenal Jenis Bahan Crepe

By : Kiki Riama Priskila - 2015-02-26 06:18:41 Mengenal Jenis Bahan Crepe

Bahan ini memiliki tekstur yang sangat unik karena terlihat kusut dan kasar ciri khas pada benang yang dipelintir. Pada tahun 1911 dikarenakan proses yang cukup sulit, beberapa produsen garmen menjaga ketat rahasia pembuatan bahan ini, sehingga terciptalah berbagai jenis crepe berbeda.

Crepe de Chine terbuat dari benang sutra dan menghasilkan tekstur yang sangat halus dan berwarna matte. Bahan crepe merupakan bahan favorit para desainer dunia, karena bahan ini dapat menerima berbagai jenis jahitan dengan baik.

Crepe Georgette yang sama dengan crepe lainnya tapi transparan sehingga terlihat seperti sifon. Nama Georgette sendiri diambil dari nama seorang dressmaker asal Prancis bernama Georgette de la Plant pada awal abad ke 20.

Crepe Marocain memiliki tekstur yang berat dengan garis-garis tegas. Seiring dijadikan sebuah gaun atau suit. Uniknya, bahan ini pada era Victorian dijadikan sebuah pakaian janda yang sedang berkabung dan juga kerudung untuk biarawati.

Wool Crepe memiliki tekstur yang kasar menyerupai kawat. Biasanya bahan ini dianyam dengan menggunakan kombinasi hand twist. Paling sering bahan ini digunakan pada lingerie sehingga membuat kesan yang sensual dan mewah.

 

(TEKS: BIMO PERMADI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Fashion