Hindari Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ini



  • UNSALTED NUTS

    Hati-hati: Terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan (bahkan unsalted sekalipun!) tetap berpengaruh pada berat badan. Ingat, kacang memang memiliki tingkat lemak tinggi. Tak hanya itu, kadar asam juga menghalangi mineral, seperti zat besi dan zinc, sehingga menghalangi proses penyerapan dalam tubuh.

    Sebaiknya: Konsumsi sekitar 14 biji kacang atau sebanyak satu genggam tangan. Hal ini berlaku untuk unsalted dan roasted nuts.



    GRANOLA

    Hati-hati: Camilan yang seharusnya sehat ini justru memiliki kadar gula tinggi (satu bar granola sama dengan 1 1/2-2 sendok teh gula). Selain itu, granola juga memiliki kadar lemak dan karbohidrat tinggi.

    Sebaiknya: Buat granola bar Anda sendiri dengan oatmeal panggang, buah-buahan segar, raw nuts, dan sirup maple (hindari penggunaan madu karena karbohidrat dan fruktosanya tinggi, sedangkan zat mineralnya rendah). Gunakan juga biji anggur atau canola oil.

    DRIED FRUITS

    Hati-hati: Buah yang dikeringkan memang lebih sehat jika dibandingkan dengan...sebuah permen. Tapi hal ini tak lantas mengurangi kandungan gula yan tinggi di dalamnya.

    Sebaiknya: Cek terlebih dulu seberapa banyak kandungan gula yang ada dalam satu kantong dried fruits. Batasi kalori penyajian Anda, cukup konsumsi sebanyak dua atau tiga buah prune yang dikeringkan.

    WORTEL

    Hati-hati: Zat beta karoten dikenal mampu meningkatkan kualitas penglihatan dan penundaan sel tubuh. Namun, mengonsumsi wortel terlalu banyak bisa menyebabkan keracunan vitamin A. Salah satu gejalanya adalah warna kulit yang berubah menjadi jingga.

    Sebaiknya: Pastikan Anda mengonsumsi wortel sesuai porsinya, yaitu 3/4 gelas dua kali sehari. Hindari makan wortel setiap hari dalam durasi waktu yang lama (misalnya sebulan) atau Anda akan berubah menjadi jingga.

    SMOOTHIE

    Hati-hati: Banyak orang yang mengonsumsi smoothie sebagai pengganti makanan, terutama menu sarapan. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan biskuit, sirup cokelat, es krim demi kandungan gula yang sehat.

    Sebaiknya: Make your own smoothie. Gunakan bahan seperti skimmed milk, buah-buahan segar, frozen yogurt, dan konsumsi satu gelas sebanyak dua atau tiga kali seminggu. Hati-hati saat membeli smoothie di supermarket karena sebagian besar menggunakan sirup dan bahan tepung dengan kadar gula tinggi.

    JUS BUAH SEGAR

    Hati-hati: Mencampurkan berbagai macam sari buah justru dapat menghancurkan enzim sehat dari buah-buahan tersebut. Panas yang disalurkan dari mesin pembuat jus membuat minuman sehat Anda kehilangan sebagian besar nutrisinya dan hanya menyisakan gula dan air.

    Sebaiknya: Makan buah segar. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nutrisi dan serat alami yang menyehatkan. Jika Anda tetap ingin membuat jus, gunakan cold-press juicer yang bergerak lebih lambat sehingga mengurangi proses hancurnya nutrisi buah. Cukup konsumsi 150 ml dalam sehari.

    ALPUKAT

    Hati-hati: Buah bertekstur creamy ini penuh dengan zat asam penting yang tak bisa diproduksi oleh tubuh serta membantu penyerapan nutrisi vitamin A. Namun, tahukah Anda, satu buah alpukat mengandung lemak yang sama dengan satu gelas daging cincang!

    Sebaiknya: Makan alpukat satu atau dua kali dalam seminggu dan cukup konsumsi sebanyak setengah buah (atau kurang). Dengan begitu, berat badan Anda tak akan naik satu kilogram.

    ROTI ISI

    Hati-hati: Roti isi atau sandwich  mengandung kadar sodium dan lemak tinggi dari pilihan dressing seperti mayones dan isi daging ham atau bacon. Bahayanya: hipertensi dan penyakit jantung.

    Sebaiknya: Perhatikan apa yang Anda campur dalam roti isi. Ganti dressing dengan daging panggang atau ayam tanpa kulit. Gunakan roti gandum yang lebih sehat dan tambahkan banyak sayur.

    GREEK YOGURT

    Hati-hati: Greek yogurt memiliki protein yang lebih banyak dan hanya mengandung 5-8 karbohidrat sekali saji. Meski begitu, tak banyak yang tahu bahwa yogurt jenis ini justru memiliki kadar lemak paling tinggi.

    Sebaiknya: Beli yogurt berukuran medium (jangan berukuran besar) dengan kadar lemak paling rendah yang bisa Anda temukan. Cukup konsumsi satu atau dua gelas dalam seminggu.

    IKAN

    Hati-hati: Salmon, sarden, dan tuna memilikin kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Namun, jika Anda memakannya terlalu banyak, berat badan akan tetap bertambah. Selain itu, diet protein saja bisa menyebabkan gagal ginjal dengan mengurangi kalsium dalam tubuh. 

    Sebaiknya: Anda pecinta ikan? Batasi penyajian makan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Bagaimanapun, lemak omega-3 dapat menjaga jantung Anda tetap sehat.

    *EXPERT SOURCES DANIEL JASON ONG, CONSULTANT NUTRISIONIST/UNITED SPECIALIST CENTRE DITARY ADVICE JENNY NG, PRINCIPAL DIETTIAN/MIND YOUR DIET

     

    (TEKS: CAREN KEUNG/KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. HER WORLD)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below