Career & Relationship

Tip Sukses Wawancara Lewat Skype

By : Anggita Dwinda - 2014-09-12 11:43:44 Tip Sukses Wawancara Lewat Skype

Sesaat setelah menetapkan janji wawancara

Gunakan user name yang profesional. "Partygalxx84" tentu tidak akan pernah menimbulkan kesan yang bagus. Anda juga tak perlu menyertakan tahun kelahiran atau slogan apa pun ke dalam user name. Pastikan Anda menggunakan foto profil yang jelas dan bagus.

 

H-1

Lakukan tes latar belakang. Setelah menentukan tempat untuk wawancara, foto diri Anda dengan webcam untuk memastikan apakah Anda memiliki latar belakang yang bagus saat diwawancara. Sandaran sofa yang lusuh? Ganti. Poster Big Bang Anda tak sengaja terlihat? Segera copot dari dinding.

Gladi resik. Double-check kualitas kamera dan audio laptop Anda. Hubungi salah satu teman dengan Skype untuk melihat apakah semua sistem berjalan dengan baik dan apakah ia dapat melihat dan mendengar Anda dengan jelas. Anda mungkin harus mematikan kipas angin atau pendingin udara untuk menghindari suasana mengganggu.

 

Satu jam sebelum

Berpakaian rapi dari kepala hingga kaki. Jangan pikir Anda bisa lolos dengan mengenakan celana olahraga dan sandal jepit hanya karena tidak terlihat di kamera! Berpakaianlah seperti saat Anda menghadapi wawancara secara langsung. Hindari pemakaian aksesori mengkilap dan gunakan kertas minyak untuk wajah agar Anda tak terlihat "berkilau".

Matikan nada peringatan pesan. Tak ada yang lebih mengganggu dari bunyi "Ping!" super keras saat Anda menjelaskan strategi pemasaran pada si calon bos. Tutup semua program di laptop Anda dan nonaktifkan suara peringatan untuk notifikasi seperti email atau Facebook.

 

Selama wawancara berlangsung

Tataplah lurus ke arah kamera. Jangan sibuk melihat bagaimana rupa Anda di layar (ya, kami tahu itu sulit). Ciptakan kontak mata antara Anda dan pewawancara dengan menatap tepat ke arah kamera. Jika ada lebih dari satu pewawancara, tatap mereka secara bergantian.

Tulis, bukan ketik. Jika Anda ingin mencatat selama prosesi wawancara, tulislah di kertas. Jangan pernah mengetiknya langsung di laptop Anda. Bunyi ketikan di keyboard akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda tidak fokus.

 

(TEKS: SASHA GONZALES & CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Career & Relationship