Perayaan 175 Tahun Tiffany & Co.



  • Tiffany & Co. adalah satu brand perhiasan mewah yang sudah memiliki nama popular di dunia perempuan. Pada tahun 1837, New York menjadi saksi perjuangan seorang Charles Lewis Tiffany dan John B. Young membuka sebuah “stationery and fancy goods” dengan modal hanya sebesar USD1.000. Dalam mendesain produknya para pengusaha ini menyatakan terinspirasi dari alam dan menginterpretasikan dalam sebuah pola yang sederhana, selaras, dan jernih.

    Setelah melewati perjuangan merintis karier yang tidak mudah, akhirnya pada tahun 1867 Tiffany & Co. mendapatkan penghargaan internasional pertamanya di Paris World's Fair dan menobatkanya sebagai perusahaan Amerika pertama yang diakui oleh negara lain. Pada 1870 Tiffany sudah bisa meraih kejayaan sebagai penyedia perhiasan ternama di Amerika dengan sekitar 1.000 karyawan dan gerai cabang di London, Paris, dan Jenewa.



    Tiffany memproduksi koleksi Tiffany Diamond yang memiliki 128,54 karat dan 82 sisi. Tidak banyak orang yang bisa memakai berlian kuning terbesar dan termewah ini. Audrey Hepburn adalah salah satu dari perempuan beruntung tersebut. Lalu, ada Tiffany® Setting yang merupakan sebuah cincin pertunangan dan masih laris hingga saat ini.

    Desain – desain khas Tiffany ini semua di tampilkan dalam blue book collection. Tiffany blue book collection mulai diterbitkan pada 1845 menampilkan Tiffany dan perhiasan paling spektakuler di dunia. Blue book collection ini merupakan katalog pertama yang didistribusikan oleh Amerika.

    Sayang sekali, ditengah perjalanan Tiffany yang terus menanjak, Charles Lewis Tiffany menutup usia pada tahun 1902 dan anaknya, Louis Comfort Tiffany menjadi art director pertama bagi perusahaan ini. Posisinya sebagai desainer terkemuka dimulai ketika pada tahun 1882 Presiden Chester Arthur mengundangnya untuk mendekor ulang White House.

    Lebih dari 1 dekade sudah dilewati dan pada tahun 2012 akhirnya Tiffany merayakan hari jadi yang ke-175. Untuk merayakannya, Tiffany Diamond didesain ulang menjadi sebuah kalung mewah dengan hiasan berlian putih. Deretan perhiasan yang telah diproduksi oleh Tiffany & Co. adalah sebuah perwujudan dari kombinasi keindahan desain dengan standar kualitas tinggi. Dengan standar ini, Tiffany & Co. bisa menjadi salah satu perusahaan perhiasan ternama dengan 200 toko tersebar di seluruh dunia.

     

    (TEKS: AUDI FRISTYA / FOTO: DOK. HER WORLD)