Amankah Lensa Kontak Anda?



  •  Menggunakannya terlalu lama

    Bak makanan kedaluwarsa, menggunakan lensa kontak terlalu lama bisa membuat mata Anda infeksi. Sekali dibuka, lensa kontak bulanan hanya bisa digunakan selama 30 hari. Meskipun Anda mengenakannya kurang dari 30 hari, buanglah lensa kontak setelah 7 hari.

    Pasang lensa kontak setelah mengaplikasikan make up



    Sebaiknya pasang lensa kontak saat keadaan wajah masih bersih (tanpa make up). Dengan begitu, lensa tidak akan membawa partikel apa pun yang bisa masuk ke dalam mata, dan tangan Anda pun masih bersih. Saat hendak membersihkan make up, copot lensa agar tidak menyerap sisa-sisa make up.

    Ceroboh dengan cairan lensa kontak

    Saat bepergian, jangan tuangkan cairan lensa kontak ke tempat yang lebih kecil karena tidak steril. Sebaiknya, beli cairan baru dengan ukuran travel size. Meski Anda tak berniat untuk berlibur, hal ini cenderung lebih aman karena ukuran travel size akan lebih cepat habis dibanding ukuran biasa yang rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

    Tidak membersihkannya dengan cermat

    Jika Anda tidak menggunakan lensa kontak sehari-hari, cara terbaik untuk mengurangi endapan protein yang menempel adalah dengan mengusapnya dan gunakan tablet protein seminggu sekali. Jika tak ingin repot, gunakan cairan pembersih protein. Caranya, teteskan satu tetes cairan ke dalam wadah, rendam lensa kontak selama satu malam. Meski ada cairan pembersih lainnya, tak ada yang lebih baik dari mengusapnya secara perlahan.

    Tidur tanpa mencopot lensa kontak

    Ya, ini termasuk tidur siang selama 20 menit. Tidur dengan menggunakan lensa kontak akan membatasi oksigen yang masuk ke kornea mata sehingga meningkatkan risiko infeksi. Selain itu, mata Anda bisa mengering, sehingga sulit melepaskan lensa kontak dari mata. Hal ini bisa menyebabkan kornea mata tergores.

    Mengabaikan kotak lensa

    Bakteri dapat tumbuh di dalam kotak lensa. Kosongkan dan cuci kotak lensa setiap hari dengan air hangat, lalu bilas menggunakan cairan yang direkomendasikan oleh produsen atau dokter mata Anda.

     

    (TEKS: SASHA GONZALES & MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below