Career & Relationship

Hindari Kekerasan Seksual Anak

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-06-20 03:31:09 Hindari Kekerasan Seksual Anak

Salah satu kampanye Inspirasi Indonesia adalah date rape. "Jangan mau berkenalan di sosial media, diajak janjian hanya berdua karena nanti mereka akan masuk ke dalam hal-hal yang tidak bisa mereka tolak karena perasaan tidak enak. Mau berteriak tapi takut malu akan malu sendiri," kata Helga. Bilanglah "tidak" dengan tegas jika memang tidak bisa melawan. Kalaupun tidak mau diperkarakan secara hukum, carilah bantuan paling tidak untuk berteriak, "Saya mengalami sesuatu!".

Pendidikan seksual dan kesehatan reproduksi sejak dini sudah tidak boleh dianggap tabu karena anak harus mengerti bagaimana cara mempertahankan hak atas tubuhnya. Misalnya, jika tidak nyaman meskipun hanya pegang tangan ia harus berani menolak, apalagi jika terjadi di tempat-tempat yang lebih intim.

Kejadian seksual dalam keluarga pun terjadi hampir setiap hari. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena faktor ekonomi, tempat tinggal yang berdesak-desakan. Namun, kekerasan seksual banyak juga terjadi di keluarga-keluarga berada, mungkin karena kurangnya komunikasi antarkeluarga. Komunikasi dengan anak yang baik menumbuhkan empati orang tua, dan komunikasi yang intens menumbuhkan kasih sayang yang sehat.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Career & Relationship