Career & Relationship

Hematnya Industri Film Nollywood

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-06-19 09:52:44 Hematnya Industri Film Nollywood

Pernah dengar Chinedu Ikedieze? Sangat wajar jika Anda belum pernah mendengar namanya. Namun di Nigeria, aktor ini sangat dikenal. Bicara soal film Nigeria, ternyata mereka mempunyai industri film besar, bahkan terbesar kedua di dunia jika dilihat dari jumlah film yang dihasilkan setiap tahunnya. Dengan memproduksi sekitar dua ratus judul film setiap bulan, Nollywood (indusri film Nigeria) berada di bawah Bollywood dan sukses mengalahkan Hollywood.

Satu hal yang sangat menarik dari industri film terbesar di Benua Afrika ini adalah biaya produksi yang sama sekali tidak wah, layaknya film-film Hollywood. Kebanyakan film tidak dilakukan di studio, mereka lebih memilih hotel, rumah, atau kantor yang disewakan di segala penjuru Nigeria. Sebagai nilai tambah bagi pemilik tempat-tempat tersebut, pihak pembuat film akan memberikan sistem akreditasi. Dengan penghematan yang dilakukan, mereka bisa membuat film dengan hanya bermodalkan 17 ribu hingga 23 ribu dolar Amerika Serikat.

Kondisi ini sangat berbeda dengan Hollywood, di mana perusahaan pembuat film mengandalkan pemasukan dari operasionalisasi studio. Karena di dalamnya terdapat ribuan orang yang bekerja, mulai dari aktor, penulis naskah, hingga teknisi. Mereka bahkan mempunyai lokasi-lokasi syuting khusus seperti kota buatan untuk film-film koboi. Maka tak heran kalau mereka bisa menghabiskan ratusan juta dolar Amerika Serikat untuk sebuah film.

Meski demikian, angka penjualan film buatan Nollywood sangat mengagumkan. Film yang dibuat dengan budget minim dan membutuhkan waktu hanya seminggu, bisa dijual hingga 200 ribu unit hanya dalam sehari. Murahnya biaya produksi membuat Nigeria menjadi lokasi menggiurkan bagi insan perfilman dari berbagai negara lain.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Career & Relationship