Ciptakan Meja Kantor Ideal Dalam 5 Menit



  • Letakkan telepon di bagian kiri...

    … jika Anda tidak kidal, dan begitu sebaliknya. Ini bisa mempermudah Anda untuk mencatat sambil menerima telepon karena tangan Anda yang tidak dominan akan mengangkat panggilan secara otomatis. Pastikan alat-alat tulis – termasuk kalendar dan catatan – berada di bagian kanan, dalam jarak jangkauan tangan dominan.

     



    Tidak ada lilitan kabel

    Sembunyikan kabel-kabel di meja – baik dengan merekatkannya ke dinding atau membungkusnya dengan ikatan rapi. Usahakan agar meja Anda terbebas dari kabel-kabel menganggu.

     

    Letakkan komputer di bagian tengah

    Ini bisa menyisakan ruang gerak saat Anda ingin bergerak ke sisi kiri atau kanan meja. Setiap barang yang sering Anda gunakan, seperti telepon, harus berada di jangkauan yang mudah diraih. Jangan miringkan layar komputer ke angle manapun, sebaiknya atur tinggi kursi Anda agar komputer berada sejajar dengan mata.

     

    Sisakan ruang

    Biarkan 60 persen meja kerja Anda kosong. Anda hanya boleh meletakkan barang-barang yang memang sering digunakan, seperti komputer, telepon, alat-alat tulis, dan files. Hal-hal lain, seperti materi presentasi, sebaiknya dimasukkan ke dalam laci atau rak khusus.

     

    Sediakan tempat sampah

    Jangan biarkan kertas bekas, bungkus plastik, dan sampah lainnya berceceran di meja hanya karena Anda terlalu malas untuk membuangnya ke tempat sampah. Sediakan satu tempat sampah di sebelah meja Anda untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kerja.

     

    Mengatur letak kertas

    Semua kertas kerja Anda harus berada dalam satu tempat. Untuk memudahkan sistem pengaturan, bagilah kertas-kertas tersebut ke dalam bagian, seperti Urgent, Pending, File, Read, dan Referance. Pilih dan teliti lagi setiap bahan yang ada di boks Anda, setidaknya di setiap akhir hari kerja.

     

    Meletakkan barang personal seperlunya

    Gunakan papan gabus untuk meletakkan barang-barang yang menginspirasi Anda – gambar anjing kesayangan atau kartu pos sewaktu travelling. Hindari frame foto yang terlalu banyak di berbagai sudut meja – barang-barang itu akan menghabiskan sebagian besar ruang dan mudah mengalihkan perhatian Anda.

     

    Kurangi alat tulis

    Anda hanya membutuhkan pulpen, pensil, clips, sebuah stapler, dan gunting. Semua hal lebih dari itu – termasuk pulpen lucu pemberian seorang teman yang tak pernah Anda gunakan – bisa masuk ke dalam laci meja.

     

    Jangan gunakan terlalu banyak post-it

    Mencatat semua hal kecil dalam lembar post-it dan merekatkannya ke hampir seluruh sudut meja dapat menimbulkan suasana kurang rapi. Gunakan post-it seperlunya saja. Catatlah informasi-informasi lain dalam sebuah notebook dan letakkan dekat telepon.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. HOMEGOODS.COM)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below