Out of Office (So Don't Bug Me!)



  • Atasan dan rekan kerja tidak pernah bisa merelakan Anda untuk pergi berlibur? Persenjatai diri dengan tip berikut ini, agar e-mail dan panggilan telepon di saat liburan tidak merampas waktu berharga Anda.

     

    2 minggu sebelumnya...



    Pilih seorang atau dua orang rekan kerja yang dapat menggantikan Anda di saat sedang tidak berada di kantor. Seseorang yang dapat membuat keputusan penting untuk Anda. Saat menyerahkan tanggung jawab tersebut, tawarkan pada mereka jika Anda bersedia "membayarnya" dengan menggantikan saat mereka pergi berlibur, saran Renette Thom, konsultan Robert Walters, sebuah perusahaan rekrutmen.

     

    1 minggu sebelumnya...

    Buat kertas contekan, yang isinya berupa cakupan pekerjaan Anda. Misalnya, nomor-nomor kontak klien penting dan pihak berkepentingan lain yang relevan. Jangan lupa tulis instruksi yang jelas dan tenggat waktunya. Renette menambahkan, Anda juga harus menyebut permasalahan yang mungkin timbul saat Anda cuti nanti dan beritahu cara mengatasinya.

     

    2 atau 3 hari sebelumnya...

    Informasikan ketidakhadiran pada rekan-rekan kerja dan klien melalui e-mail. Tekankan perbedaan waktu dengan tempat liburan Anda, agar mereka tidak menghubungi pada jam-jam tidak mengenakkan. Pastikan bahwa semua orang tahu siapa yang akan menggantikan tugas Anda.

     

    1 hari sebelumnya...

    Nyalakan mesin penjawab otomatis yang menginformasikan bahwa Anda sedang berada di luar kantor. Buatlah jadwal sejelas mungkin, misalnya berapa lama Anda akan pergi dan detail kontak orang yang menggantikan. Informasikan kepergian pada bos secara pribadi.

     

    Selamat berlibur!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below