Apa "Money Personality" Anda?



  • Anda selalu tahu peraturannya; bayar segala tagihan tepat waktu, sisihkan uang setiap bulannya, mulai buat asuransi untuk melindungi aset berharga. Tapi jujur saja, seringkali sebagian besar dari kita bahkan kesulitan untuk menyiapkan tabungan darurat setiap bulannya. Solusinya adalah dengan menerapkan saran yang telah disesuaikan dengan kebiasaan berbelanja Anda. Berikut empat di antaranya:

     

    1) The Fearful Saver



    Seorang fearful saver selalu merasa khawatir tentang pengeluarannya. Saking takutnya kehilangan uang, ia akan membuka rekening di bank dengan bunga paling rendah.

    What to do: Harus berani mengambil risiko, sekecil apa pun. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi di reksa dana campuran, yang punya tingkat risiko lebih rendah dibanding menanam saham.

     

    2) The Avoider

    Cenderung "memudahkan" segala urusan keuangan dan tak mau ambil pusing saat dihadapkan pada permasalahan kecil sekalipun.

    What to do: Manfaatkan fasilitas online banking yang tak hanya praktis, tapi juga bisa membuat Anda membayar segalanya tepat waktu.

     

    3) The Debtor

    Anda akan masuk dalam kategori ini jika sering mendapati diri diberatkan oleh tagihan kartu kredit yang menumpuk, atau cicilan rumah yang sulit dilunasi.

    What to do: Segera dapatkan bantuan dari penasihat keuangan atau perusahaan konseling finansial, yang akan membantu Anda untuk lebih cermat dalam mengatur pembayaran.

     

    4) The "Look-at-Me" Type

    Biasa menghabiskan uang lebih banyak dari seharusnya demi kepentingan pekerjaan, atau mengangkat status sosial.

    What to do: Sebenarnya tipe kepribadian seperti ini punya kemampuan berorganisasi yang baik. Mulailah membuat anggaran belanja agar pengeluaran lebih teratur.

     

    (TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below