Career & Relationship

Seni Menawar

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-03-11 08:10:30 Seni Menawar

Siapkan uang tunai. Uang tunai adalah kunci penawaran yang sukses. Pastikan Anda memiliki uang tunai sebelum belanja. Keuntungan tambahan: membawa uang tunai berarti Anda tak akan mengeluarkan uang lebih dari semestinya.

Cek kondisi barang. Perhatikan kondisi, ketahanan, serta kekuatan barang yang Anda inginkan. Jangan sampai menyesal setelah membeli (apalagi jika Anda gagal menawarnya).

Bandingkan harga dengan toko lain. Jangan hanya terpaku dengan satu tempat. Bandingkan dengan toko-toko lainnya hingga Anda menemukan standar harga yang cocok.

Jual mahal. Trik yang paling sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda benar-benar menyukai barang tersebut. Berusalah untuk tetap tenang seolah-olah Anda tak terlalu membutuhkan tas atau sepatu itu.

Akrab dengan penjual. Untuk menghindari proses menawar yang canggung, ajak penjual untuk berbicara hal di luar toko dan selingi dengan candaan.

Tawar separuh harga. Tawar barang lebih dari separuh harga. Misalnya Anda menginginkan baju seharga Rp100.000, tawar hingga Rp40.000. Jika penjual menolak, naikkan hingga separuh harga. Masih gagal? Tawar sebanyak 80% dari harga awal dan ajukan Rp80.000 sebagai harga final.

MUST-READ:

Penjual cenderung menjual barang dengan harga dua kali lipat harga asli. Selain itu, mereka juga memberikan kelebihan Rp10.000 - Rp20.000. Hal ini biasanya dilakukan agar pembeli tidak menawar terlalu jauh. Jadi, siap menawar?

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: THINKSTOCK)

Career & Relationship