Life & health

Tahap Pencegahan Penyakit Demensia

By : Kiki Riama Priskila - 2014-12-30 03:54:48 Tahap Pencegahan Penyakit Demensia

Setelah sebelumnya sempat membahas fakta-fakta mengenai demensia, kini waktunya her world membagikan kiat pencegahan penyakit demensia. Menurut Times of India, sejumlah langkah berikut bisa membantu pencegahan demensia:

Mengonsumsi ikan

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 mampu mencegah Alzheimer dan demensia. Perbanyaklah mengonsumsi ikan air dingin seperti tuna, salmon, atau sarden.

Hindari stres

Karena stres membuat otak bekerja keras. Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2010 menunjukkan bahwa perempuan yang sering stres lebih rawan menderita demensia ketika tua.

Tidur cukup

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh dan otak. Pasien yang mengalami kesulitan tidur seringkali dikaitkan dengan munculnya penyakit Alzheimer di kemudian hari.

Hindari rokok dan alkohol

Kebiasaan minum alkohol dan merokok bisa meningkatkan risiko Alzheimer hingga tujuh tahun ke depan. Berhenti merokok bisa melancarkan peredaran darah ke otak.

Latihan asah otak

Tajamkan otak Anda dengan permainan yang bisa mengasah otak, seperti puzzle, catur, dan lainnya. Aktivitas yang mengasah otak akan menguatkan koneksi antara sel saraf dalam otak. Hal ini akan membuat otak semakin kebal terhadap kerusakan.

 

(TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health