Food & travel

Sehat dan Hemat, 3 Tips Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

By : Her World Indonesia - 2024-05-10 11:00:01




Kamu pasti pernah mengalami momen saat kamu bingung harus bagaimana dengan sisa makanan atau bahan makanan yang tidak habis, bukan? Terutama ketika kamu memiliki makanan atau bahan makanan yang rentan rusak dengan cepat.


Salah satu alasan utama mengapa makanan atau bahan makanan menjadi mudah rusak adalah karena terkontaminasi dengan udara atau alat makan. Udara dapat mempercepat proses oksidasi pada makanan, sementara alat makan yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang mempercepat kerusakan makanan. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan cara penyimpanan makanan agar tetap segar lebih lama.


(Baca juga: 5 Resep Mentega Olesan, Bikin Makanan Semakin Nikmat)


Her World memiliki tiga tips ampuh untuk menjaga makanan dan bahan makananmu tetap tahan lama. Simak berikut ini.


1. Pisahkan makanan dan bahan makanan sesuai jenis


(Tips menjaga makanan agar bisa tahan lama. Foto: Dok. Freepik)


Ini penting, lho! Kamu harus pisahkan makanan dan bahan makanan sesuai dengan jenisnya untuk menghindari kontaminasi silang dan memperpanjang masa simpan makanan. Misalnya, hindari menyimpan buah bersama dengan sayuran dalam satu wadah karena gas etilen yang dihasilkan oleh buah dapat mempercepat kerusakan sayuran. Pisahkan juga makanan mentah dengan makanan matang, dan hindari menyimpan makanan dengan bau yang kuat bersama dengan makanan lainnya.


2. Gunakan wadah kedap udara (hindari plastik atau kemasan)


(Tips menjaga makanan agar bisa tahan lama. Foto: Dok. Freepik)


Kamu juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan. Meskipun kemasan plastik atau kemasan bawaan mungkin terlihat praktis, tetapi nyatanya bahan tersebut seringkali tidak cukup kedap udara untuk menjaga makanan tetap segar. Sebaliknya, pilihlah wadah plastik atau kaca yang rapat dan kedap udara. Pastikan untuk menutup rapat setiap kali kamu mengambil makanan dari wadah tersebut untuk menghindari paparan udara yang berlebihan.


3. Rutin membersihkan kulkas


(Tips menjaga makanan agar bisa tahan lama. Foto: Dok. Freepik)


Kulkas yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur yang dapat merusak makanan. Setidaknya sekali sebulan, keluarkan semua makanan dari kulkas dan bersihkan rak-rak, laci, dan bagian dalam kulkas dengan larutan air hangat dan deterjen. Pastikan juga untuk mengeringkannya dengan baik sebelum kembali menyimpan makanan di dalamnya.


(Baca juga: 4 Resep Mudah Bikin Bumbu-Bumbu Dasar Yang Tahan Lama)


Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu dapat lebih efektif dalam menyimpan makanan agar tetap awet dan segar. Selain itu, kamu juga dapat menghindari pemborosan makanan dan uang, serta memastikan kamu mendapatkan makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.


(Penulis: Adila Firani)