Life & health

Penuh Konflik, Ini 7 Film Indonesia yang Diangkat Dari Novel

By : Her World Indonesia - 2024-05-09 18:00:02




Perfilman Indonesia kini semakin digandrungi oleh berbagai kalangan karena berhasil menghadirkan film-film dengan beragam genre. Sebenarnya, genre horror memang paling populer di sini, tapi sekarang berbagai rumah produksi berani ambil langkah untuk menciptakan film dengan perpaduan genre yang variatif, misalnya drama dan romansa atau thriller dan komedi. Tak hanya fokus pada genre saja, Tanah Air kini memiliki banyak aktris dan aktor yang berbakat. Jiwa dari sebuah film pun bisa tersampaikan dengan baik oleh para pemain.


Genre dan pemeran memang berperan penting dalam membuat sebuah film menjadi menarik dan sukses. Namun, plot juga menjadi esensi utama yang menentukan apakah film itu layak untuk ditonton. Kini, perfilman Indonesia tidak hanya terpaku pada cerita-cerita klise, tapi juga mulai mengadaptasi novel-novel best seller yang alur dan karakternya sudah populer. Alhasil tak heran jika kini film adaptasi novel ini semakin marak diproduksi dan membuat penontonnya lebih excited untuk menunggu.


Berikut Her World rangkum enam film Indonesia yang sukses diadaptasi dari novel-novel terbaik.


1. Imperfect (2019)


Film yang disutradarai Ernest Prakasa dan diangkat dari karya novel Meira Anastasia ini mengangkat isu yang masih jarang dibahas di masyarakat, yaitu body shaming. Singkatnya, Rara (Jessica Mila) selama masa hidupnya selalu didiskriminasi dan dibandingkan secara fisik dengan adiknya, Lulu (Yasmin Napper). Ia memiliki tubuh yang gemuk dan kulitnya hitam layaknya sang ayah. Ceritanya pun fokus ke perjalanan karier, percintaa, dan perjalanan self-acceptancesaat melalui itu semua. Film ini berhasil mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan memenangkan beberapa penghargaan seperti Piala Citra dan Festival Film Bandung. Untuk kamu yang mengalami hal serupa, wajib nonton ini untuk memberikan perspektif berbeda tentang prosesself-acceptance.


(Baca juga: 4 Alasan Kamu Wajib Tonton The Architecture of Love)


2. Antologi Rasa (2019)

(Persahabatan Harris dan Keara di Antologi Rasa. Foto: Dok. boxofficemovie_/Instagram)


Cerita film ini diadaptasi dari penulis novel ternama, Ika Natassa. Dengan genre romansa dan drama, Antologi Rasa mengisahkan cinta segitiga antara Ruly (Refal Hady), Harris (Herjunot Ali), dan Keara (Carissa Perusset) yang berawal dari persahabatan. Bagi kamu yang bosan dengan cerita romansa klise, kamu bisa menyaksikan Antologi Rasa yang penuh konflik dan enggak akan bikin kamu bosan selama menonton.


3. Aruna dan Lidahnya (2018)


(Sederet pemain papan atas di film Aruna dan Lidahnya. Foto: Dok. arunadanlidahnya/Instagram)


Terdapat perpaduan genre misteri dan kuliner sehingga membuat film yang disutradarai Edwin ini menjadi menarik. Tak hanya itu, deretan pemeran utamanya pun melibatkan aktor dan aktris papan atas! Sosok Aruna diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, Bono oleh Nicholas Saputra, dan Nadezhda oleh Hannah Al Rashid. Cerita ini fokus menerangkan perjalanan Aruna bersama rekan-rekannya untuk meneliti kasus flu burung di beberapa daerah yang ada di Jawa Timur dan Kalimantan. Seiring perjalanan, Aruna mengambil kesempatan untuk mencicipi kulier di berbagai kota yang disinggah. Ending dari film ini tentunya akan bikin kamu penasaran!


4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)


Diadaptasi dari novel karya Marchella FP, film ini bercerita tentang drama dalam kekeluargaan. Saat awal tayang, film ini berhasil mendapatkan dua juta penonton dan menjadi film terlaris di tahun 2020. Alurnyanya yang relatable untuk banyak orang membuat film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini memantik banyak perhatian dan reaksi dari para penontonnya. Kalau kamu sedang mencari film yang bisa ditonton bersama keluarga, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini bisa jadi pilihan.


5. Mariposa (2020)


(Behind the scene Mariposa. Foto: Dok. falconpictures_/Instagram)


Pencinta teen love movies merapat! Mariposa merupakan film dengan paduan genre komedi dan romansa yang diadaptasi dari novel karya Hidayatul Fajriah. Menariknya, cerita film ini fokus pada perjuangan karakter Acha (Adhisty Zara) dalam memikat hati Iqbal (Angga Yunanda). Perjuangannya pun berlika-liku karena Iqbal dikenal sebagai sosok yang dingin sehingga sulit untuk didekati.


(Baca juga: 7 Film Slow Burn Romance Barat Terbaik, Bikin Gregetan!)


6. Filosofi Kopi (2015)


Siapa yang tidak tahu Dewi Lestari? Karya-karyanya yang fenomenal sudah tak perlu diragukan lagi. Sebut saja seri Supernova, Perahu Kertas, hingga Rapijali selalu memikat perhatian publik. Tak jarang pula novel-novelnya diangkat jadi film-film layar lebar, salah satunya adalah Filosofi Kopi. Film ini menceritakan perjuangan dua sahabat Jody (Chicco Jerikho) dan Ben (Rio Dewanto) dalam mempertahankan bisnis kopinya dan keinginan mencari kopi langka yang unik.


Alur film yang diadaptasi dari novel memang memiliki keunikan dan nilainya tersendiri. Tak jarang, novel-novel yang sudah populer akan lebih memikat banyak penonton karena karakter dan plotnya yang sudah jelas. Terlebih lagi, kini rumah produki film-film Indonesia semakin berani dan serius menggarap film bergenre berbeda. Dari deretan film adaptasi novel di atas, kamu tertarik untuk nonton yang mana dulu nih?


(Penulis: Zahrah Pricila)