Life & health

Dengerin Ini, 5 Lagu Terbaik Untuk Apresiasi Diri Sendiri

By : Her World Indonesia - 2024-05-10 19:30:01




Kamu mungkin pernah merasakan betapa luar biasanya sebuah lagu bisa memengaruhi suasana hatimu, terutama saat sedang dilanda stres. Tidak bisa dipungkiri, musik memiliki kekuatan magis untuk meredakan ketegangan dan memberikan ketenangan di tengah kehidupan yang penuh tekanan.


Ritme dan lirik yang mengalir dari lagu bisa membawa kamu ke dunia lain, menjauhkanmu sejenak dari masalah yang sedang mengganggu. Mendengarkan lagu memiliki manfaat besar untuk kesehatan mental. Saat kamu membiarkan dirimu tenggelam dalam alunan musik, otakmu melepaskan endorfin yang bertindak sebagai penenang alami. Ini membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuhmu, sehingga kamu merasa lebih rileks dan tenang.


Tidak ada yang bisa meragukan kekuatan emosional dari sebuah lagu. Setiap nada, setiap lirik, dan setiap melodi memiliki kemampuan untuk mencerminkan apa yang kamu rasakan. Bahkan, seringkali kamu akan menemukan bahwa lagu-lagu tertentu bisa menjadi pengingat akan momen-momen penting dalam hidupmu. Tak heran jika lagu selalu memiliki tempat tersendiri di hati setiap orang.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Karya Penulis Wanita Indonesia!)


Her World menyediakan lima rekomendasi lagu yang bisa kamu dengarkan ketika lelah untuk mengapresiasi dirimu sendiri.


1. Billy Joel - Vienna

Dengan melodi yang tenang dan lirik yang sederhana sehingga mudah dipahami, Billy Joel akan mengajak kamu untuk tidak terburu-buru dalam hidup sebab setiap orang memiliki timelinennya masing-masing sehingga kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak harus memiliki waktu yang sama dengan orang lain. Salah satu liriknya berbunyi,


Slow down you're doing fine

You can't be everything you want to be before your time.


2. BTS - Love Myself


Siapa yang tidak kenal boy group asal Korea Selatan yang sudah mendunia dengan berbagai prestasi ini? BTS banyak dicintai karena lagu-lagunya yang kaya makna dan sarat akan pesan untuk mencintai dirimu sendiri. Salah satunya adalah lagu ini, lagu ini mengajak kamu untuk berhenti sejenak dari kebisingan dunia dan melihat kembali semua hal yang sudah kamu lakukan sehingga kamu bisa menyadari seberapa hebat dirimu bisa bertahan sejauh ini.


(RM Verse)

Maybe there's no answer (Yeah, yeah)

Maybe this isn’t the answer either (Alright)

It’s just that loving myself

Doesn't require anyone else's permission


3. Nightbirde - It’s Okay


Lagu ini hadir dari perspektif paling indah untuk mengajak kamu semakin menyadari pentingnya setiap waktu yang kamu miliki, apapun yang kamu lakukan dan miliki sekalipun itu sebuah kesalahan, kamu tetap berhak untuk bahagia dan tidak ada seorang pun yang boleh membuat kamu ragu akan kebahagiaanmu sendiri.


If you're lost

We're all a little lost and it's alright

It's okay, it's okay, it's okay, it's okay!


4. Em Beihold - Numb Little Bug


Lagu milik Em Beihold ini merupakan lagu yang menyenangkan dan akan terasa ringan sekalipun memiliki makna yang dalam. Dengan menghadirkan perpaduan antara melodi yang menenangkan dan lirik yang menggugah. Lagu ini mengajak kamu untuk merangkul emosi-emosi yang mungkin terasa menyakitkan, dan mengingatkan bahwa meskipun terkadang kita merasa hancur, kita tetaplah kuat dan berharga.


Cause I just wanna see

If this could make me happy


5. Lili Meola - Daydream


Her World menyarankan kamu untuk mendengarkan lagu ini ketika malam menjelang, saat kamu baru menyelesaikan semua rutinitas yang melelahkan itu. Dengan melodi yang menenangkan, Lili Meola akan membawa kamu dalam sudut penghargaan diri yang sangat dalam dan melihat kembali semua keputusan akan mimpi yang sudah kamu lakukan.


So daydream

It’s your life that you’re making

It ain’t big enough if it doesn’t scare the hell out of you


(Baca juga: Overthinking? 5 Rekomendasi Buku Ini Siap Menemani Kamu)


Mendengarkan lagu-lagu yang menginspirasi untuk mencintai dan menghargai diri sendiri adalah salah satu cara yang efektif untuk merawat kesehatan mental dan emosional kamu. Setiap lagu dalam tersebut memiliki kekuatan untuk mengingatkan kamu akan nilai-nilai diri sendiri, dan menginspirasi untuk terus maju meskipun dalam kondisi yang sulit. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan lagu-lagu ini ke dalam daftar playlistmu, dan biarkan mereka menjadi pengingat yang manis akan kekuatan dan keindahan dirimu sendiri.


(Penulis: Adila Firani)