Life & health

Pesan Tiketnya, Art Jakarta Gardens Resmi Dibuka!

By : Her World Indonesia - 2024-04-26 15:00:01




Benar, kamu tidak salah baca, Art Jakarta Gardens, pameran seni yang paling ditunggu-tunggu tahun ini sudah dibuka dan kamu sudah bisa memesan tiketnya sekarang juga!


Art Jakarta Gardens sudah menyentuh edisi ketiganya dan masih menjadi satu-satunya perayaan seni kontemporer yang unik, meriah, dan penuh makna di tengah hijau dan asrinya Hutan Kota by Plataran. Mulai dari 23 April sampai 28 April 2024, kamu sudah bisa ikut menikmati keindahan karya seni terbaik dari seniman-seniman berbakat Indonesia melalui setiap sudut pameran karya seni di Hutan Kota by Plataran.


Acara yang tak ada duanya ini menghadirkan 23 galeri terkemuka, dan 30 patung di luar ruangan yang memikat. Art Jakarta Gardens juga menawarkan kamu pengalaman menikmati karya seni yang memukau, saat kamu bisa menyaksikan dengan dekat dan jelas perpaduan seni dengan alam.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Leather Bag dari Merek Lokal yang Berkualitas)


Sejak awal kehadirannya pada 2022 lalu, Art Jakarta Gardens bersama Hutan Kota by Plataran menjadi wadah kolaborasi bagi para pekerja seni juga termasuk para pemangku kepentingan di bidang kreatif untuk mendukung perkembangan seni di Indonesia.


Tahun ini, Art Jakarta Gardens secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid. “Art Jakarta Gardens merupakan manifestasi dari sinergi antara alam dan ekspresi seni, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan dan memahami seni dalam konteks yang lebih luas dan terbuka. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan seniman dan penggemar seni, tetapi juga menjadi platform bagi kita semua untuk mengapresiasi nilai-nilai estetika dalam suasana yang menggabungkan keindahan alam kota Jakarta dengan inovasi seni kontemporer. Kami berharap Art Jakarta Gardens dapat terus berkontribusi pada pengembangan budaya dan peningkatan apresiasi seni di Indonesia,” ungkapnya.



(Art Jakarta Garden tahun ini menyediakan pameran seni yang mewah dan berkesan. Foto: Dok. Art Jakarta)



(Art Jakarta Garden tahun ini menyediakan pameran seni yang mewah dan berkesan. Foto: Dok. Art Jakarta)


“Saya sangat bangga atas keberhasilan Art Jakarta Gardens yang mampu bertumbuh di tengah pandemi hingga menjadi ajang besar yang ikonik. Melihat kesuksesan Art Jakarta Gardens tahun lalu, saya harapkan tahun ini Art Jakarta Gardens tetap dapat memberikan sumbangan terhadap penguatan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia terutama sektor seni rupa,” sambung Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mohammad Amin dengan bangga.


Art Jakarta Gardens tahun ini juga menjanjikan kehadiran yang lebih ajek seiring meluasnya perhatian publik terhadap pendekatannya yang menarik untuk menyajikan seni. Menampilkan program unggulan, Sculpture Garden, pekan seni ini memajang karya patung para seniman piawai lintas generasi. Mulai dari maestro patung Indonesia G. Sidharta, para seniman mapan Nyoman Nuarta, Asmudjo J. Irianto, dan Joko Avianto, hingga generasi yang lebih muda seperti Arkiv Vilmansa, Dian Hardiansyah, dan Gabriel Aries.



(Art Jakarta Garden tahun ini menyediakan pameran seni yang mewah dan berkesan. Foto: Dok. Art Jakarta)



(Art Jakarta Garden tahun ini menyediakan pameran seni yang mewah dan berkesan. Foto: Dok. Art Jakarta)


Lebih dari itu, kamu juga bisa melihat pertunjukan seni oleh Monica Hapsari dan Kurt D. Peterson! Menikmati playlist terbaik secara langsung hasil kurasi dari RURUradio dengan dukungan Bakti Yayasan Budaya Djarum. Mulai dari White Shoes & The Couples Company (WSATCC) dengan semangat akustik musisi jazz era 1930-an, ada juga Keroncong Musyawarah dengan genre crossover keroncong terbaik mereka, Lair yang menyediakan Tarling Pantura klasik, sampai Rani Jambak si peraih penghargaan The Oram Awards yang pastinya membuat kamu jatuh cinta dengan penampilannya.


(Baca juga: Ini 5 Efeknya Kalau Kamu Tidur Terlalu Larut Malam)


Kamu juga akan menikmati pameran kolaborasi terbaik dari dua mitra utama Art Jakarta tahun ini yaitu Bibit yang melakukan kolaborasi dengan Erwin Windu Pranata menghadirkan patung tiup (inflatable sculpture) yang terinspirasi dari penjelajahan terhadap kebun milik Erwin yang penuh berkah dari alam meski kerap terlupakan dalam kehidupan sehari-hari. Dirancang khusus untuk Art Jakarta Gardens, “The Bouquet: Fall, Grow” adalah seruan untuk menghormati alam dan siklus kehidupannya.



“Di Bibit dan Stockbit, kami mengerti betapa pentingnya untuk bersabar dan berdisiplin, baik dalam hidup maupun investasi. Kami meyakini bahwa setiap orang seharusnya berkesempatan untuk menjalani hidup yang mereka inginkan. Inilah mengapa kami mencurahkan diri untuk menyediakan akses mudah pada teknologi investasi yang terdepan. Kami percaya bahwa semua orang, terlepas dari usia, gender, latar belakang, ataupun ras, mesti memiliki peluang untuk menumbuhkan kekayaannya dan meraih masa depan finansial yang aman,” ungkap Olivia Budiono, Product Marketing Lead dari Bibit.


Mitra utama selanjutnya adalah Treasury yang berkolaborasi dengan Naufal Abshar yang akan memamerkan rancangan koin emas edisi terbatas dan akan disajikan di dalam instalasi yang diciptakan khusus bertajuk “Gold is King” demi menyoroti keutamaan emas sepanjang masa. Figur keledai di dalam instalasi turut memberi penekanan pada makna keajekan dan stabilitas, terutama dalam situasi sulit atau kekacauan.



“Melalui partisipasi kami dalam Art Jakarta Gardens, Treasury ingin memperkenalkan sebuah kolaborasi bernilai tinggi antara investasi dan karya seni kontemporer. Berkolaborasi dengan seniman muda Naufal Abshar, kami mengangkat tema ‘Gold is King’ dengan memilih keledai sebagai karakter utama yang diwujudkan dalam dua karya seni monumental, yaitu koin emas 24 karat collector series dan karya instalasi yang dibangun menggunakan ribuan kaleng bekas dan botol kaca daur ulang. Istimewanya, dengan mengoleksi satu keping koin emas ‘Gold is King,’ investor telah berpartisipasi dalam program Green Gold Treasury dalam rangka menetralisasi emisi karbon atas emas yang diperoleh,” jelas Andreas Santoso selaku CEO Treasury.



(Art Jakarta Garden tahun ini menyediakan pameran seni yang mewah dan berkesan. Foto: Dok. Art Jakarta)


CEO dan Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes bersama Maulana Indraguna Sutowo selaku CEO dari MRA Media sangat bangga bisa menghadirkan kembali Art Jakarta Gardens tahun ketiga dengan karya-karya seni yang lebih beragam dan inovatif dengan ide-ide kreatif juga kolaborasi yang menunjukkan kepedulian dan kecintaan terhadap karya seni Indonesia. Hanya di sini kamu bisa menikmati dan berkesempatan menyesapi dunia kreativitas dengan menjelajahi kekayaan ekspresi artistik dengan latar oasis di tengah Jakarta. Saat Hutan Kota by Plataran akan bertransformasi menjadi galeri ruang terbuka yang dinamis.


Untuk info lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi akun Instagram resmi Art Jakarta di @artjakarta dan jangan menunggu terlalu lama, hanya 23 sampai 28 April saja! Jadi, pastikan kamu dan teman-temanmu mengunjungi Art Jakarta Gardens ya!


(Penulis: Adila Firani)